PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MEDIA PRAKTIKUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TGB 1 SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Galingging, Amelia Jerry Felix and Nyoman, Rohadi and Koto, Irwan (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MEDIA PRAKTIKUM VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TGB 1 SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ame.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ame.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus dan data setiap siklus dianalisis untuk menentukan tindakan perbaikan pada siklus selanjutnya. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI TGB 1 yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 22 siswa laki – laki dan 1 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar partisipasi dan LKS siswa untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa. Data dianalisis secara deskriptif dengan menentukan nilai rata-rata dan daya serap siswa, dan ketuntasan belajar siswa. Hasil peningkatan partisipasi siswa dilihat dari lembar partisipasi siswa pada siklus I dengan rata - rata sebesar 9,5 dengan kategori kurang, pada siklus II sebesar 11,5 dengan kategori cukup, pada siklus III sebesar 15 dengan kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I pada aspek kognitif nilai rata-rata 68,36, daya serap 68,36% dan ketuntasan belajar 60,86 %, pada siklus II, nilai rata-rata 72,68, daya serap 72,68%, ketuntasan belajar 78,17%, pada siklus III rata-rata 78,17, daya serap 78,17% ketuntasan belajar 91,30%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terjadi peningkatan partisipasi dan hasil belajar pada siswa ketika siswa menggunakan model pembelajaran koperatif tipe STAD dengan media Praktikum Virtual. Saran untuk pembelajaran selanjutnya, supaya guru dapat menvariasi model pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 18 Nov 2014 08:56
Last Modified: 18 Nov 2014 08:56
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9734

Actions (login required)

View Item View Item