PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIIIA SMPN 12 KOTA BENGKULU

Prasetya , Dio Aru and Connie , Fransisca and Dedi , Hamdani (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIIIA SMPN 12 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-dio.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-dio.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar fisika siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 12 Kota Bengkulu sebanyak 24 siswa. Data yang diperoleh dari tes dan lembar observasi dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan dalam empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dengan skor rata-rata sebesar 25,5 dalam kategori cukup, siklus II sebesar 33,5 dalam kategori baik, dan siklus III sebesar 37,5 dalam kategori baik. Hasil belajar siswa untuk aspek kognitif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 67,75 dan ketuntasan belajar sebesar 62,50% (belum tuntas); pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 82,88 dan ketuntasan belajar 95,83% (tuntas); dan pada siklus III diperoleh nilai rata-rata 76,03 dan ketuntasan belajar sebesar 87,50% (tuntas). Hasil belajar siswa untuk aspek afektif pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 57,64; pada siklus II sebesar 73,07; dan pada siklus III sebesar 76,74. Hasil belajar siswa untuk aspek psikomotor pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 74,65; pada siklus II sebesar 94,97; dan pada siklus III sebesar 96,01. Kesimpulannya, model problem based learning dengan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 18 Nov 2014 09:18
Last Modified: 18 Nov 2014 09:18
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9738

Actions (login required)

View Item View Item