PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN MENGGUNAKAN TEAM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP KALOR SISWA KELAS VIIB SMPN 11 KOTA BENGKULU

Laberta, Tinu and Nirwana, Nirwana and Andik , Purwanto (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN EKSPERIMEN MENGGUNAKAN TEAM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA KONSEP KALOR SISWA KELAS VIIB SMPN 11 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-tin.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,II-14-tin.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (946kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa pada konsep Kalor di kelas VII SMPN 11 Kota Bengkulu dengan menerapkan metode eksperimen menggunakan team teaching. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep Kalor di kelas VIII SMPN 11 Kota Bengkulu dengan menerapkan metode eksperimen menggunakan team teaching. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam 3 siklus. Langkah-langkah setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian dengan mengumpulkan hasil observasi dan nilai tes. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa penerapan metode eksperimen menggunakan team teaching untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada konsep kalor siswa kelas VIIB SMPN 11 kota Bengkulu. Hal ini dapat dilihat pada siklus I rata-rata skor sebesar 26 dengan kriteria cukup, pada siklus II sebesar 31 dengan kriteria baik, dan siklus III sebesar 33,5 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa siklus I dengan nilai rata- rata 69,49 daya serap 69,49%, dan ketuntasan belajar 53,12%, siklus II dengan nilai rata-rata 72,11, daya serap 72,11%, dan ketuntasan belajar 62,5%, dan siklus III dengan nilai rata-rata 84,84 daya serap 84,84%, dan ketuntasan belajar 87,5%. Penelitian ini menyimpulkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dikelas VIIB SMP N 11 kota Bengkulu pada konsep kalor melalui penerapan metode pembelajaran eksperimen menggunakan team teaching.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Physics Science
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 18 Nov 2014 10:02
Last Modified: 18 Nov 2014 10:02
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9746

Actions (login required)

View Item View Item