IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION BY USING A SUMMARIZATION TECHNIQUE

Marlina , Leni and Rudi , Afriazi and Kasmaini, Kasmaini (2013) IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION BY USING A SUMMARIZATION TECHNIQUE. Undergraduated thesis, FKIP Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,-1-13-len-fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)
[img] Text (Thesis)
I,II,III,-1-13-len-fi.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa dengan Menggunakan Teknik Summarization (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas Boga SMK Negeri 03 Bengkulu Tahun Akademik 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan apakah implementasi teknik Summarization through T– Chart dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas X Boga SMK Negeri 03 Bengkulu Tahun Akademik 20012/2013, yang terdiri dari 28 orang siswa. Instrumen penelitian adalah tes pemahaman membaca (Reading Comprehension Test) dan observation checklist. Implementasi teknik ini dibagi menjadi tiga putaran. Dalam setiap putaran ada; Perencanaan, Tindakan, Observasi, refleksi. Pengumpulan data melalui hasil tes awal, hasil latihan setiap siklus dan hasil tes akhir. Untuk menganalisis data-data ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Tes awal diberikan sebelum pelaksanakan teknik ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai siswa pada tes awal adalah 54. dan rata-rata nilai siswa pada tes akhir adalah 75. perbandingan nilai siswa pada tes awal dan akhir menunjukan bahwa jumlah peningkatannya adalah 21 siswa. Selanjutnya, situasi proses belajar mengajar pun menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih aktif, kritis, dan motivasi dan minat belajar siswa pun meningkat yang dibuktikan dengan peningkatan nilai siswa. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa teknik Summarization through T– Chart dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: 021 Nanik Rachmawati
Date Deposited: 12 Nov 2013 04:30
Last Modified: 12 Nov 2013 04:30
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/975

Actions (login required)

View Item View Item