PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 CURUP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN LABORATORIUM RIIL

Hidayati, NS. Dwi Putri and Sura , Menda Ginting and Amrul, Bahar (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA N 1 CURUP MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC MENGGUNAKAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN LABORATORIUM RIIL. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,II-14-dwi.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-dwi.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen I yang menerapkan pendekatan scientific melalui praktikum menggunakan laboratorium virtual dengan kelas eksperimen II yang menerapkan pendekatan scientific melalui praktikum menggunakan laboratorium riil di SMA N 1 Curup. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Hasil belajar siswa pada penelitian ini dilihat dari nilai rata-rata antara posttest dan laporan hasil praktikum siswa. Pada kelas laboratorium virtual diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 81 sedangkan pada kelas laboratorium riil 76,1. Hal ini menunjukkan bahwa selisih nilai dari kedua kelas sampel adalah 4,9. Melalui serangkaian uji statistik dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung > ttabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas laboratorium virtual dan laboratorium riil.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Chemistry Science
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 18 Nov 2014 11:12
Last Modified: 18 Nov 2014 11:12
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9758

Actions (login required)

View Item View Item