PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Formadi, Ahyar and Agus , Susanta and Fachruddin , Fachruddin (2014) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII H SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ahy.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ahy.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Pembelajaran matematika selama ini hanya dilakukan dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan metode ini tidak melibatkan siswa untuk partisipatif dalam pembelajaran karena pada pembelajaran ini siswa hanya menerima apa yang diberikan oleh guru, sehingga siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Selain itu pembelajaran dengan metode ini hanya bersifat menghafal rumus tanpa memahami konsep dari materi yang dipelajari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara menerapkan metode pembelajaran inkuiri sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan metode pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat berdasarkan peningkatan skor rata-rata yang diberikan dua pengamat dari siklus I hingga siklus III secara berturut-turut yaitu: 25; 28,2; 32,8 dan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dan presentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus 1 hingga siklus III secara berturut-turut: 76,9; 79,2; 79,5 dan 61,1%; 75%; 86,1%

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 18 Nov 2014 14:55
Last Modified: 18 Nov 2014 14:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9768

Actions (login required)

View Item View Item