PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X DI SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU

Sari, Dewi Puspita and Irsal, Idris and Syafdi, Maizora (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X DI SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-dew.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (20MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-dew.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu media pembelajaran berbasis komputer yaitu menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 pada materi geometri untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap penelitian yaitu: tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan yang terdiri dari validasi ahli, uji terbatas, dan uji lapangan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK1 dan X MM SMK Negeri 1 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014, yang berjumlah 6 siswa untuk uji coba terbatas dan 36 siswa untuk uji lapangan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Lembar Validasi (Media, Materi, dan Bahasa) Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8, Lembar Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Macromedia Flash 8, Lembar Aktifitas (Guru dan Siswa) Selama Proses Pembelajaran Berlangsung, Lembar Tes Hasil Belajar Siswa, dan Lembar angket Respon Siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan yaitu hasil pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada pembelajaran matematika kelas X di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu adalah: (1) termasuk dalam kategori “sangat valid” menurut ahli materi dengan rata – rata validitas 4,26, terrmasuk dalam kategori “valid” menurut ahli media dengan rata – rata validitas 4,14 dan termasuk dalam kategori “valid” menurut ahli bahasa dengan rata – rata validitas 3,80 ; (2) termasuk dalam kategori “sangat praktis” berdasarkan data kepraktisan yaitu 4,32 ; dan (3) efektif, dengan pencapaian efektifitas : (a) Aktivitas dalam kegiatan belajar mengajar aktif dengan skor rata-rata aktivitas siswa dan aktivitas guru sebesar 4,36, (b) Respon siswa terhadap pembelajaran efektif dengan skor rata-rata respon siswa sebesar 4,09, (c) Hasil belajar siswa kelas X MM SMK Negeri 1 Kota Bengkulu efektif dengan skor sebesar 4,56 dan persentase rata-rata jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 60 adalah 91,67%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 18 Nov 2014 15:25
Last Modified: 18 Nov 2014 15:54
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9772

Actions (login required)

View Item View Item