Ambaranti, Frenti and Nurul, Astuty Yensy and Syafdi, Maizora (2014) PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) MODEL PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 UNTUK SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-fre.FM.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (26MB) |
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-fre.FM.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (26MB) |
Abstract
Latar belakang melakukan penelitian ini karena guru di SMA N 2 Kota Bengkulu belum mengembangkan LKS model problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS matematika model problem based learning beserta video pendukungnya di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu yang memiliki validitas, kepraktisan, dan efektifitas yang baik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur 4-D yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), dan tahap pengembangan (develop) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan dan uji efektifitas. Validasi dilakukan oleh dua ahli materi matematika, dua ahli media dan satu ahli bahasa. Kepraktisan LKS diuji pada enam siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014. Efektifitas LKS diuji pada siswa kelas X IPA B SMA Negeri 2 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014, berjumlah 33 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi LKS dan video, lembar kepraktisan LKS dan lembar efektifitas LKS. Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) LKS Matematika Model Problem Based Learning di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori valid dari aspek materi, media, dan bahasa dengan skor rata-rata 4,15, (b) Video pendukung LKS termasuk dalam kategori sangat valid dari aspek materi, media, dan bahasa dengan skor rata-rata 4,3, (c) LKS Matematika Model Problem Based Learning di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sangat praktis dengan skor rata-rata 4,3, (d) LKS Matematika Model Problem Based Learning di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori efektif dengan skor rata-rata 3,74 dan pencapaian efektifitas : (1) Penilaian kinerja siswa efektif dengan skor rata-rata sebesar 4,1 ; (2) Penilaian tugas efektif dengan skor rata-rata sebesar 3,5 ; (3) Penilaian tertulis kelas X IPA B SMA Negeri 2 Kota Bengkulu efektif dengan skor sebesar 3,6 dan 78,79% siswa dinyatakan tuntas dengan memenuhi kriteria ketuntasan minimal nilai B.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science |
Depositing User: | 022 Gofar Ismail |
Date Deposited: | 19 Nov 2014 08:35 |
Last Modified: | 19 Nov 2014 08:35 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9776 |
Actions (login required)
View Item |