PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECKS TERHADAP SISWA KELAS VIII DI SMP N 10 KOTA BENGKULU

Winiarti, Nia and Rusdi, Rusdi and Agus, Susanta (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECKS TERHADAP SISWA KELAS VIII DI SMP N 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nia.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ria.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Keberhasilan proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang dicapai oleh siswa Pembelajaran matematika lebih sering menggunakan metode ekspositori bersifat teacher oriented yang kurang memberi peluang siswa untuk mengkonstruksi ide-ide matematika mereka sendiri sehingga siswa menjadi pembelajar pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) respon siswa terhadap penerapan model cooperative learning tipe pair checks; 2) peningkatan hasil belajar siswa matematika yang terjadi jika diterapkan model cooperatif learning tipe pair checks. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar angket respon siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP N 10 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model cooperatif learning tipe pair checks dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa dan direspon baik (sangat senang) oleh siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu : 4,32; 4,99; 7,74 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 22,73%; 48,36%; 84,0%. Respon siswa terhadap penerapan model cooperatif learning tipe pair checks dari siklus I hingga siklus III mengalami peningkatan pada pilihan sangat senang dengan presentase yaitu: 12,38%; 42,35%; 53,33%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 19 Nov 2014 08:53
Last Modified: 19 Nov 2014 08:53
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9779

Actions (login required)

View Item View Item