PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI PELUANG DI KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU PENELITIAN PENGEMBANGAN

Utari, Tria and Syafdi, Maizora and Della , Maulidiya (2014) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA MATERI PELUANG DI KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA BENGKULU PENELITIAN PENGEMBANGAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-tri.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-tri.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran dengan pendekatan scientific pada materi peluang di kelas VII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadopsi prosedur Borg and Gall dalam Puslitjaknov yang terdiri dari lima tahap yakni analisis, pengembangan, validasi ahli, uji skala kecil dan uji skala besar. Kepraktisan Video diuji pada tujuh orang siswa kelas IX SMP Negeri 3 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014. Efektifitas video diuji pada siswa kelas VII.3 SMP Negeri 3 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014, berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi video, lembar kepraktisan video dan lembar efektifitas video. Semua data yang dikumpulkan dianalisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Hasil penelitian pengembangan video pembelajaran dengan pendekatan scientific pada materi peluang di kelas VII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu menunjukkan bahwa : (a) Video termasuk dalam kategori “sangat valid” menurut ahli materi dengan skor rata-rata 4,27 dan menurut ahli media dengan skor rata- rata 4,35, (b) Video termasuk dalam kategori praktis dengan skor rata- rata 4,31, (c) Video termasuk dalam kategori sangat efektif dengan skor rata-rata 4,21 dan pencapaian efektifitas : (1) Aktivitas dalam kegiatan pembelajaran aktif dengan skor rata-rata aktivitas siswa dan aktivitas guru 2,80; (2) Respon siswa terhadap pembelajaran baik dengan skor rata-rata respon siswa 3,37; (3) Hasil belajar siswa kelas VII.3 SMP Negeri 1 Kota Bengkulu efektif dengan skor 3,85 dan persentase rata-rata jumlah siswa yang mencapai nilai ketuntasan minimal 75 adalah 55%.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 19 Nov 2014 09:10
Last Modified: 19 Nov 2014 09:10
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9783

Actions (login required)

View Item View Item