UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 05 KOTA BENGKULU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING

Dameyani , Ernesty and Nurul, Astuty Yensy and Fachruddin , Fachruddin (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 05 KOTA BENGKULU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TIPE POST SOLUTION POSING. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ern.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ern.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran menggunakan metode konvensional menyebabkan siswa tidak aktif dan hasil belajar siswa rendah. Siswa tidak dilatih untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan berfikir selama proses pembelajaran. Rendahnya hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran dikarenakan guru lebih mendominasi kegiatan dalam pembelajaran sehingga siswa tidak berani untuk mengajukan pertanyaan secara langsung kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan pembelajaran Problem Posing Tipe Post Solution Posing sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E SMPN 05 Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajran menggunakan Problem Posing Tipe Post Solution Posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII E SMPN 05 Kota Bengkulu. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dapat dilihat dari aktivitas belajar siswa yang dilakukan secara berkelompok, diskusi dan interaksi antar siswa. Pemberian soal dan pembuatan soal sejenis yang dibuat oleh siswa dilakukan untuk memancing siswa menemukan pengetahuan yang didapat dan memperdalam pemahaman siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu : 61,98; 74,11; 78,12 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 40%; 72%; 88% .

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Math & Natural Science > Department of Math Science
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 19 Nov 2014 09:46
Last Modified: 19 Nov 2014 09:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9788

Actions (login required)

View Item View Item