PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VIII SMPN 10 KOTA BENGKULU

Puspitasari , Melia and Fachruddin , Fachruddin and Rusdi, Rusdi (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VIII SMPN 10 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-mel.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-mel.FM.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional di Kelas VIII SMPN 10 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 10 Kota Bengkulu. Sampel penelitian ditentukan secara cluster sampling sehingga diperoleh kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen pembelajarannya dilaksanakan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) sedangkan kelas kontrol pembelajarannya dilaksanakan dengan model pembelajaran Konvensional. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan uji Median Test. Berdasarkan analisis data hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran Konvensional di Kelas VIII SMPN 10 Kota Bengkulu. Hal ini dinyatakan berdasarkan hasil uji signifikan menggunakan uji Median Test yang diperoleh dan sehingga x2hitung > x2tabel dengan. Selain itu berdasarkan analisis deskriptif juga dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata posttest yang diperoleh pada masing-masing kelas. Pada kelas eksperimen rata-ratanya 76,32 sedangkan pada kelas kontrol rata-ratanya 70,91. Terlihat nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak terdapat perbedaan hasil posttest yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 19 Nov 2014 15:15
Last Modified: 19 Nov 2014 15:15
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9794

Actions (login required)

View Item View Item