Mulyono , Hardi and Handoko , Hadiyanto and Trisna , Murni (2014) PENGARUH KOMPENSASI FINANSIAL DAN NON FINANSIAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI BANK RAKYAT INDONESIA CABANG LUBUK LINGGAU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-har.FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-har.FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (3MB) |
Abstract
Dalam era persaingan global, keberadaan sumber daya manusia yang handal memiliki peran yang lebih strategis dibandingkan sumber daya yang lain. Sehingga perusahaan harus memperhatiikan kesejahteraan karyawannya. Karyawan memberikan prestasi kerja yang baik untuk kemajuan perusahaan, sedangkan perusahaan memberikan kompensasi yang sesuai atas prestasi kerja yang telah diberikan karyawan terhadap perusahaan. Menurut Hasibuan (2011) mengemukakan kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan. Tujuan pemberian kompensasi antara lain adalah sebagai ikatan kerja sama, kepuasan kerja, motivasi, stabilitas karyawan, disiplin, serta pengaruh serikat buruh dan pemerintah. Kompensasi adalah penghargaan atau ganjaran pada para pekerja yang telah memberikan kontribusi dalam mewujudkan tujuannya, melalui kegiatan yang disebut bekerja (Nawawi, 2001). Hasil wawancara awal dan pengamatan prasurvey pada pegawai PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Lubuk Linggau mengatakan bahwa pemberian kompensasi belum sesuai dengan beban kerja yang dibebankan pada karyawan serta pemberian kompensasi kepada karyawan jumlahnya sama (tidak adil) antara pegawai yang beban kerjanya banyak maupun yang sedikit. Begitu juga halnya insentif, pembagian insentif dalam melaksanakan program kerja dan melaksanakan kegiatan tidak sesuai dengan harapan karyawan, dikarenakan insentif yang terima sama antara pegawai yang rajin maupun pegawai tidak rajin, sehingga banyak pegawai yang mengeluh dalam melaksanakan pekerjaanya. Jika dikelola dengan baik, kompensasi akan membantu perusahaan untuk mencapai tujuan dan memperoleh, memelihara, dan menjaga karyawan dengan baik. Sebaliknya, tanpa kompensasi yang cukup, kemungkinan karyawan untuk viii meninggalkan perusahaan lebih besar dan untuk melakukan perekrutan kembali tidaklah mudah selain dibutuhkan prosedur yang panjang dan biaya yang tidak sedikit. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap di Bank Rakyat Indonesia Cabang Lubuk Linggau, yang berjumlah 85 orang. Objek penelitian ini adalah seluruh populasi ini adalah dengan menggunakan sistem sensus. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Data primer diperoleh dengan cara menyebarkan daftar pertanyaan yang berhubungan dengan penelitian, baik melalui kuesioner maupun wawancara. Metode digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang meliputi uji koefisien regresi secara bersama-sama, uji signifikansi secara parsial dengan terlebih dahulu melakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap butir-butir pertanyaan responden. Dari hasil penelitian dan kemudian dilakukan perhitungan maka diperoleh persamaan regresi berganda untuk Kinerja adalah : Y = 21.074+ 0.300X1 + 0.224X2 Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukan bahwa F hitung 6.936 dengan tingkat signifikansi 0,002 yang jauh lebih kecil α =0,05. Dengan demikian terbukti secara simultan variabel kompensasi finansial dan non finansial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di BRI Cabang Lubuk Linggau. Secara parsial variabel kompensasi finansial dan kompensasi non finansial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada BRI Cabang Lubuk Linggau dengan tingkat signifikansi lebih kecil α =0,05. Kegiatan strategis yang dapat dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia Cabang Lubuk Linggau adalah memperhatikan variabel kompensasi finansial dan kompensasi finansial yang dapat menunjang kinerja karyawan. Implikasi strategis yang dapat dilakukan adalah upaya perbaikan berkesinambungan terhadap kinerja karyawan agar dapat bekerja dengan baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 023 Dody Sahdani |
Date Deposited: | 20 Nov 2014 08:52 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 08:52 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9798 |
Actions (login required)
View Item |