Yunita, Melda and Syaiful , Anwar AB and Soengkono, Soengkono (2014) PERSEPSI PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA RUMAH CANTIQUE “AMANIE” KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-mel.FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (604kB) |
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-mel.FE.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (774kB) |
Abstract
Rumah Cantique “Amanie” merupakan salah satu jenis usaha salon kecantikan dan tata rambut yang ada di Bengkulu yang menyediakan pelayanan jasa kecantikan, spa, medicure, creambath, dan sebagainya yang diperuntukannya untuk seluruh masyarakat Bengkulu. Rumah Cantique “Amanie” harus selalu proaktif dalam upaya memperbanyak konsumen, yang berujung pada loyalitas pelanggan. Upaya-upaya tersebut dilakukan dengan jalan memperbaiki pelayanan yang selama ini dilaksanakan, melakukan inovasi jasa layanan, memperbaikai fasilitas, dan sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kualitas layanan dari dimensi bukti fisik pada Rumah Cantique “Amanie” Bengkulu; (2) Mendeskripsikan kualitas layanan dari dimensi kehandalan pada Rumah Cantique “Amanie” Bengkulu; (3) Mendeskripsikan kualitas layanan dari dimensi daya tanggap pada Rumah Cantique “Amanie” Bengkulu; (4) Mendeskripsikan kualitas layanan dari dimensi jaminan pada Rumah Cantique “Amanie” Bengkulu; dan (5) Mendeskripsikan kualitas layanan dari dimensi empati pada Rumah Cantique “Amanie” Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Populasi dalam penelitian adalah pelanggan Rumah Cantique Amanie Bengkulu sebanyak 98 orang. Metode pengambilan sampel digunakan purposive sampling. Metode analisis data digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Persepsi konsumen terhadap kualitas layanan dari dimensi kehandalan berada pada kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,83; (2) Persepsi konsumen terhadap kualitas layanan dari dimensi daya tanggap berada pada kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,75; (3) Persepsi konsumen terhadap kualitas layanan dari dimensi jaminan berada pada kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,78; (4) Persepsi konsumen terhadap kualitas layanan dari dimensi empati berada pada kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,82; dan (5) Persepsi konsumen terhadap kualitas layanan dari dimensi bukti fisik berada pada kategori baik dengan perolehan nilai rata- rata sebesar 3,79. Berkaitan dengan hasil penelitian, beberapa saran yang dapat disumbangkan berkaitan dengan kualitas pelayanan Rumah Cantique Amanie Bengkulu adalah: (1) Rumah Cantique Amanie Bengkulu harus berorientasi pada kepuasan pelanggan yang menyangkut perbaikan pelayanan, misalnya: menyediakan jasa pelayanan yang bervariatif artinya selalu melakukan inovasi-inovasi pelayanan, memperluas jaringan pelayanan dengan cara membuka cabang-cabang baru di lokasi-lokasi strategis, dan sebagainya; (2) Rumah Cantique Amanie Bengkulu harus berupaya menjaga hubungan baik dengan pelanggan dengan cara memberikan pelayanan tepat waktu, memberikan pelayanan sesuai nomor antrian dan menyediakan kenyamanan ruang tunggu selama konsumen menunggu antrian; dan (3) Menindak lanjuti dengan serius komplain- komplain pelanggan atas pelayanan yang diberikan, sehingga menambah kepercayaan pelanggan terhadap kapabilitas dan citra usaha.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Manajemen |
Depositing User: | 023 Dody Sahdani |
Date Deposited: | 20 Nov 2014 11:38 |
Last Modified: | 20 Nov 2014 11:38 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9801 |
Actions (login required)
View Item |