PENGARUH FAKTOR-FAKTOR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MEGA MALL KOTA BENGKULU

Marsa, Selvin and Willy , Abdillah and Soengkono, Soengkono (2014) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MEGA MALL KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-sel.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)
[img] Archive (Thesis)
IV.V.LAMP,II-14-sel.FE.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan pusat perbelanjaan di Bengkulu sudah semakin pesat. Semakin banyak tumbuh pusat perbelanjaan sehingga menimbulkan persaingan yang tinggi. Munculnya pusat perbelanjaan seperti Mall dalam hal ini mall yang menjadi objek penelitian adalah Mega mall Bengkulu. Semakin banyaknya bisnis retail yang tumbuh di kota Bengkulu maka akan menimbul suatu persaingan yang akan terus – menerus meninggi dan membuat para penjual atau para pembisnis sejenis semakin gencar dalam memahami perilaku konsumen dalam berbelanja. Tesis ini membahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengunjungi mall. Dalam hal ini konsumen yang dimaksud adalah konsumen Mega mall Pasar Minggu Bengkulu. Faktor-faktor tersebut adalah aesthetic dimension, escape dimension, flow dimension, exploration dimension, role enactment dimension, social dimension, dan convenience dimension. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulan. Artinya, penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian yang menekankan analisisnya pada faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam berbelanja di mall. Sampel penelitian ini adalah pelanggan Mega mall Pasar Minggu yang berdomisili di kota Bengkulu yakni sebanyak 140 orang. Teknik pengambil sampel menggunakan metode accidental sampling. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi liner berganda. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor – faktor dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen di mall berdasarkan dimensi - dimensi aesthetic dimension, escape dimension, flow dimension, exploration dimension, role enactment dimension, social dimension, dan convenience dimension. Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 140 orang responden yang menjadi pengunjung di Mega mall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel X5 role enactment dimension berpengatuh paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen yakni sebesar 0,204. Hal ini menunjukkan bahwa mall sebagai tempat berbelanja kebutuhan pribadi menjadi faktor paling dominan diantar ketujuh faktor yang diteliti dalam penelitian ini. kebiasaan ini juga sejalan dengan data responden yang menunjukkan bahwa wanita lebih banyak mengunjungi mall selama penelitian ini berlangsung. Kemudian variabel X1 aesthetic, X2 escape, X3 Flow, X5 social juga berpengaruh terhadapap keputusan pembelian. Akan tetapi ada dua variabel dari ketujuh variabel yang diuji dalam penelitian ini tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di Mega mall, yaitu dimensi exploration dan convenience hasil regresi menunjukkan angka 0,086 dan 0,043. Sedangkan hasil uji bersama (uji F) dalam penelitian ini berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen di Mega mall yakni sebesar 27,592 dengan signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Hal ini berarti bahwa secara bersama-sama aesthetic dimension, escape dimension, flow dimension, exploration dimension, role enactment dimension, social dimension, dan convenience dimension mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen berbelanja di Mega mall. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah keputusan pembelian dipengaruhi oleh lima dimensi yaitu aesthetic dimension, escape dimension, flow dimension, role enactment dimension, dan social dimension. Pada variabel exploration dimension tidak berpengaruh. artinya dimensi exploration tidak menjadi faktor dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen di mall. Dari hasil penelitian, dimensi convenience juga tidak berpengaruh secara signifikan. Hal itu menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh dimensi convenience terhadap keputusan pembelian konsumen di Mega mall.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Manajemen
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 21 Nov 2014 09:35
Last Modified: 21 Nov 2014 09:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9811

Actions (login required)

View Item View Item