UJI SIFAT FISIS DAN MEKANIS PAPAN KOMPOSIT GIPSUM SERAT PELEPAH KELAPA SAWIT DENGAN PENAMBAHAN BORAKS ( DINATRIUM TETRABORAT DECAHYDRATE) S ERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Aini, Nur Rodo and M. , Lutfi Firdaus and Rosane , Medriati (2014) UJI SIFAT FISIS DAN MEKANIS PAPAN KOMPOSIT GIPSUM SERAT PELEPAH KELAPA SAWIT DENGAN PENAMBAHAN BORAKS ( DINATRIUM TETRABORAT DECAHYDRATE) S ERTA IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nur.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (17MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nur.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan serat pelepah kelapa sawit dan boraks terhadap sifat fisisdan sifat mekanispapan komposit gipsum serta untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian sains merupakan penelitian eksperimen dengan variabel bebas adalah serat pelepah kelapa sawit dan boraks serta variabel terikat adalah uji sifat fisis dan mekanis meliputi uji daya serap air, densitas, kuat tekan dan kuat lentur. Hasil pengujian sifat fisis adalah daya serap air 27,83% - 34, 41%, dan densitas 1,16 g/cm 3 – 1,26g/cm 3 dan sifat mekanis adalah kuat tekan 54,38 kgf/cm 2 - 70,70kgf/cm 2 dan kuat lentur 34,58 kgf/cm 2 – 61,13kgf/cm 2. Nilai daya serap air berbanding lurus dengan penambahan serat dan berbanding terbalik dengan boraks, sedangkan nilai massa jenis berbandingp terbalik dengan penambahan serat dan berbanding lurus dengan boraks. Nilai kuat tekan meningkat jika ditambahkan jumlah serat pada komposisi maksimum dan nilainya berbanding terbalik dengan boraks sedangkan nilai kuat lentur berbanding lurus dengan penambahan serat dan berbanding terbalik dengan boraks. Penelitian menunjukkan bahwa semua papan gipsum memenuhi SNI, ISO 8335 , dan Bison. Penelitian pendidikan merupakan implementasi sifat fisis gipsum pada pembelajaran fisika yang menggunakan “ pretest-postest control group desain ”. Variabel bebas penelitian adalah pembelajaran konvensional dan model pembelajaran PAIKEM (metode eksperimen) sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar (kognitif). Pengujian hipotesis dengan uji-t menunjukkan t hitung 4,60 (> t tabel 2,04) dengan signifikansi 0,00 (< 0,05) artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran PAIKEM (metode eksperimen) dengan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 023 Dody Sahdani
Date Deposited: 24 Nov 2014 09:50
Last Modified: 24 Nov 2014 09:50
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9821

Actions (login required)

View Item View Item