PENGUJIAN METODE GENERATE AND TEST, SEQUENTIAL INSERTION DAN SAVINGS DALAM MENYELESAIKAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM UNTUK MENCAPAI HASIL YANG TERBAIK (Studi Kasus Usaha Dagang Bunga Mas)

Wesisiarti, Wesisiarti and Edy , Hermansyah and Desi , Andreswari (2013) PENGUJIAN METODE GENERATE AND TEST, SEQUENTIAL INSERTION DAN SAVINGS DALAM MENYELESAIKAN CAPACITATED VEHICLE ROUTING PROBLEM UNTUK MENCAPAI HASIL YANG TERBAIK (Studi Kasus Usaha Dagang Bunga Mas). Undergraduated thesis, Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,1I-13-wes.FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1I-13-wes.FT.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk membangun aplikasi yang dapat menentukan rute yang dilalui oleh kendaraan pada permasalahan capacitated vehicle routing problem dan untuk menguji hasil yang terbaik dari metode generate and test, sequential insertion dan savings berdasarkan memori dan kompleksitas waktu tempuh. Pada Penelitian ini rute yang terbentuk divisualisasikan dengan menggunakan teknologi google maps. Capacitated vehicle routing problem merupakan masalah penentuan rute kendaraan berdasarkan kendala daya angkut kendaraan dan permintaan pelanggan. Oleh karena itu, aplikasi ini diharapkan dapat membantu para pelaku distribusi untuk mengambil kebijakan dalam distribusi barang sehingga didapat hasil optimal dalam penyesuaian daya angkut kendaraan dan permintaan pelanggan. Sistem yang dibangun menggunakan metode heuristik, yaitu metode generate and test, sequential insertion dan savings, bahasa pemrograman Matlab, metode pengembangan sistem waterfall, dan perancangan sistem DFD. Hasil perhitungan running time adalah T(n) = 12 n2 + 13 n + 28, T(n) = 13 n2 + 33 n + 77, T(n) = 22 n2 + 53 n + 140 masing-masing untuk generate and test, sequential insertion dan savings. Hasil pengujian memori untuk 30 data adalah 254238 bytes, 134130 bytes, dan 178765 bytes, untuk 40 data adalah 340988 bytes, 136240 bytes dan 224981 bytes masing-masing untuk generate and test, sequential insertion dan savings. Hasil pengujian menunjukkan bahwa berdasarkan memori, metode sequential insertion lebih optimal dibandingkan dengan metode generate and test dan savings. Hasil pengujian menunjukkan bahwa berdasarkan running time, metode generate and test lebih optimal dibandingkan dengan metode sequential insertion dan savings Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh waktu tempuh dan pemakaian memori dalam penambahan data uji dan jumlah permintaan pelanggan. Waktu tempuh dan memori merupakan faktor yang mempengaruhi efisiensi metode yang digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics Engineering
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 17 Oct 2013 11:51
Last Modified: 17 Oct 2013 11:51
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/986

Actions (login required)

View Item View Item