KONSTRUKSI PERILAKU KONSUMTIF REMAJA SMA N 5 KOTA BENGKULU DALAM MENGGUNAKAN GADGET

Muzni , Nurlianti and Gushevinalti, Gushevinalti and Rasianna, Br Saragih (2014) KONSTRUKSI PERILAKU KONSUMTIF REMAJA SMA N 5 KOTA BENGKULU DALAM MENGGUNAKAN GADGET. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-nur.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-nur.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (14MB)

Abstract

Remaja merupakan bagian dari sosial masyarakat yang rentan mengadopsi hal-hal baru, dan menjadikannya berperilaku konsumtif. Peneliti melihat bahwa pembentukan perilaku konsumtif remaja tidak terjadi secara instan. Ada proses-proses konstruksi sosial yang membangun perilaku konsumtif remaja dalam menggunakan gadget itu kemudian terbentuk. Sehingga penelitian yang berjudul “Konstruksi Perilaku Konsumtif Remaja SMA N 5 dalam Menggunakan Gadget” ini adalah penelitian yang menganalisis pembentukan perilaku konsumtif remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Kontruksi perilaku konsumtif remaja yang meliputi proses eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi dalam menggunakan gadget. Informan pokok meliputi tujuh remaja SMA N 5 Kota Bengkulu dengan informan tambahan yaitu teman sebaya (Konformitas) , lingkungan sekolah, dan anggota keluarga. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, Analisis data Miles dan Huberman. Hasilnya menunjukkan bahwa perilaku konsumtif Remaja SMA N 5 Kota Bengkulu terbentuk melalui tiga momen, yaitu; eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Proses eksternalisasi remaja yaitu interaksi remaja dengan kelompok sebaya, lingkungan sosial, media, dan juga keluarga. Proses objektivasi remaja adalah pandangan remaja mengenai objek gadget, dari cara menggunakannya, merk, dan harga. Proses internalisasi remaja merupakan bagian dari ideologisasi remaja, yang mencoba menempatkan gadget bukan hanya objek dalam bentuk materi. Tetapi objek yang penting dalam memberikan status sosial di lingkungan sosial remaja, sehingga persepsi remaja yang muncul adalah dengan memiliki gadget, maka mereka termasuk anak “keren”. Secara individual, remaja secara serentak dikarakterisasi oleh ketiga momen tersebut. Remaja mengeksternalisasi keberadaannya sendiri ke dalam dunia sosial dan menginternalisasinya sebagai suatu kenyataan objektif

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 26 Nov 2014 08:58
Last Modified: 26 Nov 2014 08:58
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9865

Actions (login required)

View Item View Item