EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN PRIMA DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BENGKULU

Sundari, Juliana and Jarto, Tarigan and Mirza, Yasben (2014) EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN PELAYANAN PRIMA DI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-jul.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-jul.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran mengenai Efektivitas Penyelenggaraan Pelayanan Prima di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bengkulu, khususnya Pelayanan Penyelesaian Permohonan Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Pelayanan Penyelesaian Permohonan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP) dan Pelayanan Penyelesaian Permohonan Pengembalian Kelebihan Pembayaran Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Masalah yang ditemukan adalah belum efektifnya penyelenggaraan pelayanan prima yang diberikan oleh KPP Pratama Bengkulu seperti adanya syarat yang berbeda antara peraturan dengan yang dilaksanakan oleh KPP Pratama Bengkulu, waktu pelayanan yang masih lama dalam pelayanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan aspek-aspek yang digunakan dalam mengukur efektivitas pelayanan adalah ukuran waktu, ukuran harga, ukuran nilai- nilai social budaya dan ukuran ketelitian. Dalam menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Dimana yang menjadi sampelnya adalah 4 orang pegawai pelayanan KPP Pratama Bengkulu, 12 orang pengguna layanan dan 1 orang petugas pos. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa pelayanan prima yang diselenggarakan oleh KPP Pratama Bengkulu sudah efektif namun belum maksimal. Dimana dalam pelayanan NPWP masyarakat masih merasa kurang puas terhadap syarat pelayanan NPWP dan waktu pelayanan NPWP. Kemudian, dalam Pelayanan PKP sebagian besar pengguna layanan merasa tidak puas dengan pelayanan yang telah dilakukan oleh petugas pelayanan baik dari segi persyaratan, waktu pelayanan serta sikap dan perilaku pegawai dalam memberikan pelayanan. Lalu, dari segi pelayanan pengembalian kelebihan pembayaran PPN juga masih belum maksimal pelaksanaannya yaitu dari segi waktu pelayanan dan sikap pegawai dalam memberikan restitusi PPN.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Public Administration
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 26 Nov 2014 10:47
Last Modified: 26 Nov 2014 10:47
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9878

Actions (login required)

View Item View Item