MANAJEMEN KOMUNIKASI “INANG-INANG” DALAM MENJALANKAN PEKERJAAN DI PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA

Br Sagala , Agustinia Wida Yuliana and Rasianna, Br Saragih and Alfarabi, Alfarabi (2014) MANAJEMEN KOMUNIKASI “INANG-INANG” DALAM MENJALANKAN PEKERJAAN DI PADANG JAYA KABUPATEN BENGKULU UTARA. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
I,II,III,II-14-agu.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)
[img] Text (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-agu.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Profesi sebagai Inang-inang yang memiliki stereotip Rentenir di Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara memerlukan kemampuan untuk memanajemen komunikasi secara verbal dan non verbal untuk mempertahankan dan mengembangkan pekerjaan yang inang-inang jalankan. Selain itu pekerjaan yang mereka jalankan memerlukan banyak langganan supaya pekerjaan mereka dapat berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stereotip Rentenir masyarakat Padang Jaya terhadap inang-inang bisa muncul dan bagaimana manajemen komunikasi inang-inang dalam mengembangkan pekerjaan ditengah stereotip yang beredar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui data primer (observasi partisipan dan wawancara mendalam) dan data sekunder (studi literatur dan dokumentasi). Wawancara dilakukan terhadap informan kunci yaitu masyarakat yang ada di Padang Jaya Kabupaten Bengkulu Utara dan informan pokok yaitu inang-inang yang memiliki pekerjaan meminjamkan uang dengan mengambil bunga yang besar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat mempunyai stereotip Rentenir terhadap inang-inang dikarenakan pekerjaan yang mereka lakukan adalah meminjamkan uang dengan mengambil bunga yang besar. Dengan adanya stereotip tersebut inang-inang memanajemen komunikasi mereka untuk mengembangkan pekerjaan terhadap para langganan dan calon langgananya menggunakan komunikasi intrapersonal dan interpersonal secara verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal yang dilakukan oleh inang-inang dengan sesama berupa penggunaan bahasa asli asal mereka yaitu Batak, dan bahasa yang digunakan untuk para langgan dan calon langganan adalah bahasa Jawa. Sedangkan komunikasi non verbalnya berupa sentuhan, parabahasa, kontak mata, penampilan, buku tagihan, isyarat dan gerakan tubuh serta topi yang selalu mereka pakai sebagai ciri khas mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 01 Dec 2014 10:46
Last Modified: 01 Dec 2014 10:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9916

Actions (login required)

View Item View Item