ANALISIS LEAD BERITA POLITIK DI WEBSITE LKBN ANTARA BIRO BENGKULU

Johan, Arie and Dedi, Supriyadi and Lamhir , Syam Sinaga (2014) ANALISIS LEAD BERITA POLITIK DI WEBSITE LKBN ANTARA BIRO BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ari.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (919kB)
[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ari.FS.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (94MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “ Analisis lead berita politik di website LKBN Antara Biro Bengkulu “. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lead-lead berita politik apa saja yang kerap muncul pada berita politik di website LKBN Antara Biro Bengkulu khususnya pada frekuensi 1-30 April 2013. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah metode Content Analisys dengan menggunakan uji realibilitas kategori untuk mendapatkan data yang reliabel. Kategori lead berita yang penulis tentukan adalah lead rangkuman, lead anti-klimaks, lead kalimat kutipan, lead kalimat pendek, lead kalimat tanya, lead kontras, lead analogi, lead deskriptif, lead bermuka dua. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan isi media komunikasi yang akan diteliti. Dengan demikian dalam penelitian ini, peneliti mendokumentasikan naskah berita politik di situs online Antara Biro Bengkulu frekuensi 1-30 April 2013 sebanyak 30 berita. Teknik analisis data adalah dengan menggunakan tabel frekuensi berdasarkan kategori yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang dilakukan secara umum menunjukan bahwa lead berita politik yang sering muncul pada berita poltik di website LKBN Antara Biro Bengkulu frekuensi 1- 30 April 2013 adalah lead rangkuman yaitu sebanyak 10 berita atau 33,3% dari semua berita yang di analisis, berikutnya adalah lead deskriptif sebanyak 8 berita (26,8%), berikutnya lead kalimat pendek sebanyak 6 berita (20%), kemudian lead kalimat kutipan sebanyak 3 berita (10%), selanjutnya lead anti-klimaks , lead kalimat tanya dan lead kontras sebanyak 1 berita (3,3%) dan yang terakhir lead analogi dan lead bermuka dua tidak ada lead berita yang mucul dalam frekunsi 1 bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Social & Politics Science > Department of Communication
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 01 Dec 2014 13:37
Last Modified: 01 Dec 2014 13:37
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/9926

Actions (login required)

View Item View Item