ANALISA LOAD SHEDDING SISTEM JARINGAN BENGKULU DENGAN PENAMBAHAN PLTU TELUK SEPANG 2 × 100 MW KETIKA TERJADI GANGGUAN TRANSIEN

APRILIANI, RINDA and Herawati, Afriyastuti and Irnanda, Priyadi (2022) ANALISA LOAD SHEDDING SISTEM JARINGAN BENGKULU DENGAN PENAMBAHAN PLTU TELUK SEPANG 2 × 100 MW KETIKA TERJADI GANGGUAN TRANSIEN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI RINDA APRILIANI (G1D015010).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (11MB)

Abstract

Pada sistem tenaga listrik Bengkulu dilakukan penambahan PLTU Teluk Sepang dengan kapasitas 2x100 MW, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir gangguan yang sering terjadi seperti adanya pemadaman listrik. Selain itu, sistem jaringan listrik perlu menjaga tegangan dan frekuensi agar stabil. Untuk mengetahui sistem stabil atau tidak, maka dilakukan analisis kestabilan transien pada sistem ketika penambahan pembangkit baru. Penelitian ini disimulasikan dengan memberi gangguan transien berupa gangguan hubung singkat tiga fasa pada saluran transmisi Musi-Pekalongan dengan waktu pemutusan gangguan (critical clearing time) sebesar 146 milidetik dan sudut kritis 42,498° atau sama dengan 0,74 radian. Hasil simulasi menunjukan kondisi sistem yang tidak stabil karena sistem mengalami kelebihan daya serta perubahan nilai frekuensi yang tidak stabil. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan analisis load shedding (pelepasan beban) sebesar 3,2 MW pada beban GI Pekalongan 70/20 KV. Simulasi load shedding (pelepasan beban) mampu membuat sistem kembali pulih dan stabil pada frekuensi 49,45 Hz. Frekuensi tersebut masih dalam batas toleransi yaitu 50 ± 0,2 Hz. Kata Kunci: Load Shedding, Kestabilan Transien, Critical Clearing Time.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Electrical Engineering
Depositing User: 58 lili haryanti
Date Deposited: 01 Aug 2023 04:39
Last Modified: 01 Aug 2023 04:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/13145

Actions (login required)

View Item View Item