PENGARUH SKARIFIKASI FISIK DAN LAMA PEREDAMAN BENIH DALAM ZPT ATONIK TERHADAP PERKECAMBAHAN KETAPANG KENCANA (Terminalia Mantally)

Dwi, Fadlika and Enggar, Aprianto and Edi, Suharto (2021) PENGARUH SKARIFIKASI FISIK DAN LAMA PEREDAMAN BENIH DALAM ZPT ATONIK TERHADAP PERKECAMBAHAN KETAPANG KENCANA (Terminalia Mantally). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI_DWI FADLIKA_E1B017083..pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (863kB)

Abstract

Ketapang Kencana (Terminalia mantaly) merupakan pohon yang berasal dari Madagaskar. Tanaman ini tersebar secara luas didaerah tropis seperti negara India, Amerika Utara, dan Indonesia. Ketapang kencana dimanfaatkan sebagai tanaman hias, tanaman peneduh dan sebagai tanaman obat. Ketapang kencana berbuah sepanjang tahun tetapi tidak terdapat semai dibawah pohon induknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skarifikasi fisik dan lama perendaman benih dalam ZPT Atonik terhadap perkecambahan ketapang kencana. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2020 di Persemaian dan Laboratorium Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan dua faktor yaitu skarifikasi fisik dan lama perendaman. Faktor skarifikasi fisik terdiri dari 3 taraf yaitu tanpa skarifikasi, pengamplasan satu sisi, pengamplasan kedua sisi dan faktor lama perendaman yaitu 0 jam, 4 jam, 8 jam, 12 jam. Unit percobaan berjumlah 60 unit dengan jumlah ulangan 5 dan masing-masing ulangan terdiri dari 5 benih sehingga jumlah keseluruhan benih yang digunakan adalah 300 benih. Pengamatan dilakukan setiap hari selama 28 hari perkecambahan. Variabel perkecambahan yang diamati adalah persentase kecambah, daya kecambah, kecepatan berkecambah dan tinggi kecambah. Variabel sifat fisik buah dan biji yang diukur antara lain panjang, diameter, berat kering, dan kadar air. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa skarifikasi fisik dan lama perendaman dalam ZPT Atonik tidak berpengaruh nyata terhadap persentase kecambah, daya kecambah, kecepatan berkecambah, dan tinggi kecambah. Perlakuan tanpa skarifikasi memiliki rata�rata tertinggi pada persentase kecambah 82% ,daya kecambah 82 % dan tingi kecambah 3,25 cm. Kecepatan berkecambah tertinggi 0,080%/etmal yaitu pada skarifikasi satu sisi. Perlakuan lama perendaman 12 jam memiliki rata-rata tertinggi terhadap persentase kecambah 84% dan tinggi kecambah 3,17 cm. Lama perendaman selama 4 jam memiliki rata-rata tertinggi terhadap daya kecambah 77% dan kecepatan berkecambah 0,080%/etmal.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Forestry
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:03
Last Modified: 30 Aug 2023 02:03
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15088

Actions (login required)

View Item View Item