PENGARUH KARAKTERISTIK, MODAL SOSIAL DAN MOTIVASI KERJA PETANI TERHADAP PRODUKTIVITAS USAHATANI PADI SAWAH ( STUDI KASUS PADA KELOMPOK TANI PADI DI KELURAHAN TALANG BENIH, KECAMATAN CURUP, KABUPATEN REJANG LEBONG)

Fia, Oktaviani and Reswita, Reswita and Reflis, Reflis (2021) PENGARUH KARAKTERISTIK, MODAL SOSIAL DAN MOTIVASI KERJA PETANI TERHADAP PRODUKTIVITAS USAHATANI PADI SAWAH ( STUDI KASUS PADA KELOMPOK TANI PADI DI KELURAHAN TALANG BENIH, KECAMATAN CURUP, KABUPATEN REJANG LEBONG). Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (Thesis)
SKRIPSI FIA OKTAVIANY.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah a) untuk mendeskripsikan situasional petani b) untuk mendeskripsikan modal sosial petani c) untuk mendeskripsikan motivasi kerja petani dan d) untuk menganalisis pengaruh modal sosial, motivasi kerja dan situasional petani terhadap produktivitas usahatani padi sawah di Kelurahan Talang Benih. Metode yang digunakan yaitu metode analisis deskriptif dan analisis metode structural equation modeling (SEM). Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik petani pada Kelompok Tani di Kelurahan Talang Benih yaitu memiliki umur rata – rata rentang (35 – 39 tahun), pendidikan tergolong tinggi dengan rata – rata pendidikan SMA (12 tahum), jumlah tanggungan yang dimiliki petani rata – rata memiliki jumlah tanggungan keluarga dengan rentang 3 – 4 orang, lama nya para petani bergabung dengan kelompok tani rata – rata 7 – 10 tahun. Modal sosial pada Kelompok Tani di Kelurahan Talang Benih adalah 4,58 berada pada kategori sangat baik. Motivasi petani pada Kelompok Tani di Kelurahan Talang Benih memiliki nilai rata – rata 4,55 berada pada kategori sangat baik. Variabel modal sosial, situasional dan motivasi petani berpengaruh signifikan terhadap produktivitas, dapat dilihat pada jalur modal sosial → produktivitas yang memiliki nilai p_value = 0.000<á = 0.05, motivasi → produktivitas dengan p_value = 0.015 < á = 0.05, dan untuk jalur situasional → produktivitas dengan p_value= 0.046 < á = 0.05. Nilai p_value untuk ketiga variabel tersebut lebih kecil dari taraf nyata yang digunakan á=5%. Sehingga ketiga variabel mempunyai pengaruh signifikan terhadap variabel produktivitas. Kata Kunci : Situasional, Modal Sosial, Motivasi, Structural Equation Modeling

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: sugiarti sugiarti
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:35
Last Modified: 31 Aug 2023 01:35
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/15191

Actions (login required)

View Item View Item