Armayani, Septi and Noermanzah, Noermanzah and Arono, Arono (2023) PENILAIAN FORMATIF PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA NEGERI 08 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
septi armayani A2A021015 - Septi Armayani.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Penilaian formatif bertujuan mengukur kemampuan siswa dalam mencapai kompetensi dasar. Untuk itu penting penyusunan penilaian formatif. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan (1) prosedur penyusunan instrument penilaian dalam kompetensi afektif, kognitif, dan psikomotorik pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X SMA 08 Kota Bengkulu dan (2) pelaksanaan penilaian dalam kompetensi afektif, kognitif, dan psikomotorik pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas X SMA 08 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode fenomenologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dalam proses penyusunana penilaian formatif guru tidak melaksanakan semua prosedur, guru hanya menyusun kisi-kisi tes, penulisan butir tes, penulisan petunjuk dan contoh pengerjaan tes dan penulisan kunci jawaban tes. (2) Dari segi pelaksanaan penilaian formatif dalam kompetensi sikap yang dilakukan oleh guru hanya menggunakan lembar observasi, untuk penilaian kompetensi pengetahuan guru menggunakan tes tertulis yakni berupa pengerjaaan soal pilihan ganda, uraian, menjodohkan, memilih benar atau salah, untuk tes lisan juga sesekali dilaksanakan meski tidak dilakukan perorangan. Untuk kompetensi penilaian psikomotorik, atau penilaian keterampilan guru hanya menggunakan penilaian berupa penilaian kinerja, penilaian proyek, dan penilaian portofolio. Kata kunci: Penilaian formatif, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Siswa SMA
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 01:54 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 01:54 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21317 |
Actions (login required)
View Item |