REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF: KRITIK SASTRA FEMINIS SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI LATIHAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Zakiyah, Dika and Irma, Diani and Rokhmat, Basuki (2023) REPRESENTASI PEREMPUAN DALAM NOVEL LAYANGAN PUTUS KARYA MOMMY ASF: KRITIK SASTRA FEMINIS SERTA PEMANFAATANNYA SEBAGAI LATIHAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Text (TESIS)
TESIS_DIKA ZAKIYAH_WISUDA_OKE - Dika Zakia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk menjelaskan (1) representasi perempuan berdasarkan sudut pandang feminisme pada aspek domestik-kerumahtanggan dalam Novel Layangan Putus, dan (2) pemanfaatan hasil analisis sebagai latihan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan perspektif kritik sastra feminis. Hasil analisis menunjukkan terdapat 10 fenomena feminisme yang direpresentasikan oleh tokoh utama perempuan, yaitu: (1) terbukanya akses terhadap pendidikan, (2) adanya pengajuan syarat pranikah sebagai alat untuk melindungi dan memberdayakan diri, (3) adanya ketimpangan dalam sistem pembagian kerja dalam rumah yang didominasi oleh perempuan, (4) minimnya kerjasama dalam kepengasuhan anak yang didominasi oleh perempuan, (5) mendapatkan akses terhadap pengelolaan usaha, (6) mendapatkan akses bekerja walaupun dibatasi, (7) adanya kekerasan terhadap perempuan, (8) adanya budaya patriarki yang digambarkan oleh pihak laki-laki, berupa adanya subordinasi dan marginalisasi perempuan, (9) keberanian untuk bersuara walaupun dengan umpan balik yang minim, (10) mengajukan cerai gugat. Pemanfaatan hasil analisis yaitu dengan membuat instrumen tes berpikir kritis yang memuat abtsraksi bentuk- bentuk feminisme. Dengan tahapan (1) membuat kisi-kisi soal dengan memerhatikan indikator berpikir kritis, (2) uji validasi (kelayakan), (3) uji coba soal kepada 30 responden, (4) uji validitas soal menggunakan R Point Biserial dengan hasil dari 20 butir soal tes, terdapat 9 butir soal yang berkategori valid atau sahih yakni butir soal nomor 2,5,6,8,9,10,13,17. Dan (5) uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 dengan hasil 0,68 sehingga disimpulkan bahwa instrumen tes termasuk kategori cukup reliabel. Kata Kunci: representasi, kritik sastra feminis, berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 11 Sep 2024 01:55
Last Modified: 11 Sep 2024 01:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/21319

Actions (login required)

View Item View Item