PENGARUH VOLUME, KECEPATAN, DAN KEBISINGAN KENDARAAN TERHADAP KENYAMANAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMKN 1 KOTA BENGKULU

Putri, Ramadani and Samsul, Bahri and Khairul, Amri (2024) PENGARUH VOLUME, KECEPATAN, DAN KEBISINGAN KENDARAAN TERHADAP KENYAMANAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMKN 1 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
SKRIPSI PUTRI RAMADANI 2024 - putri ramadani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Kebisingan di sekolah yang melewati ambang batas akan menyebabkan proses belajar mengajar terganggu. Lingkungan belajar membutuhkan situasi yang tentram jauh dari kebisingan akibat lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan volume kendaraan dan kecepatan kendaraan terhadap tingkat kebisingan yang dipengaruhi oleh jarak pengamatan serta mengetahui presepsi kenyamanan peserta didik SMK N 1 Kota Bengkulu. penelitian ini menggunakan metode survei lapangan untuk mendapatkan data kecepatan, volume, kebisingan serta wawancara langsung kepada responden untuk mengetahui presepsi kenyamanan peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa volume puncak arus lalu lintas di Jalan Jati terjadi di hari senin pukul 11.00-11.15 WIB sebesar 2.348 SMP/jam dengan kecepatan kendaraan puncak terjadi di hari senin sebesar 31,21 Km/jam pada jam 08.30-08.45 WIB dan nilai kebisingan terendah terjadi di kelas XI DKV 2 sebesar 57,84 dBA pada pukul 08.15-08.30 WIB sedangkan nilai kebisingan teringggi terjadi di kelas XI DKV 2 pada pukul 11.00-11.15 WIB sebesar 75,44 dBA. Merujuk pada Keputusan Kementrian Lingkungan Hidup No 48 Tahun 1996, nilai intensitas kebisingan di sekolah disyaratkan lebih kecil dari 55 dBA. Presepsi kenyamanan peserta didik di lingkungan SMK N 1 Kota Bengkulu Sebanyak 67,5% Peserta Didik SMKN1 Kota Bengkulu merasa cukup bising dengan keberadaan arus lalu lintas yang melewati Jalan Jati dan terdapat 56% Peserta didik SMKN1 merasa tidak tergangu saat berkomunikasi (berinteraksi belajar). Sebanyak 75% Peserta didik merasa perlu adanya inovasi dalam pengurangan kebisingan di SMK N 1. Didapatkan persamaan titik 1 sejauh 0 m dari pinggir jalan raya Y=0,011x1 +0,59x2 +29,48 yang menunjukkan hubungan antara kebisiangan (Y) dengan volume kendaraaan (X1) dan kecepatan kendaraan (X2). Titik 2 sejauh 24 m dari pinggir jalan raya didapatkan persamaan Y=0,0068 x1 + 1,006 x2 +25,8; Titik 3 sejauh 42 m dari pinggir jalan raya didapatkan persamaan Y = 0,005 x1 + 0,19 x2 + 43; Titik 4 sejauh 52 m dari pinggir jalan raya didapatkan persamaan Y = 0,0041 x1 – 0,1913 x2 + 54,97; dan titik 5 sejauh 62 m dari pinggir jalan raya didapatkan persamaan Y= 0,0046 x1 + 0,108 x2 + 43,05. Kata Kunci : Kebisingan, Volume Lalu Lintas, Kecepatan, dan Kenyamanan

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Civil Engineering
Depositing User: Lili Haryanti, S.IPust
Date Deposited: 08 Oct 2024 05:01
Last Modified: 08 Oct 2024 05:01
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22006

Actions (login required)

View Item View Item