Sandi, Andre Taulani and Arono, Arono and Yulistio, Didi (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR MENULIS PUISI BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
Text (TESIS)
Andre Taulani Sandi (A2A021025) - TESIS-1 (1) - ANDRE TAULANI SANDI.pdf - Bibliography Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (4MB) |
Abstract
Modul ajar menulis puisi yang selama ini digunakan guru dan siswa di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu belum berpusat pada siswa sehingga siswa masih kesulitan dalam menulis puisi. Modul ajar menulis puisi yang bisa mengaktifkan siswa yaitu modul ajar berbasis project based learning. Untuk itu penelitian ini akan mengembangkan modul ajar menulis puisi berbasis project based learning dengan harapan layak dan objektif digunakan oleh guru dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu (1) analisis produk; (2) desain produk; (3) pengembangan produk; (4) implementasi produk; dan (5) evaluasi produk. Subjek penelitian ini yaitu dua orang ahli, satu orang guru mata pelajaran bahasa Indonesia, dan 34 siswa SMP kelas VIII. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan observasi. Hasil dari penelitian menunjukkan Modul Ajar Menulis Puisi Berbasis Project Based Learning Pada Siswa Kelas VIII SMP dibutuhkan dan dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran menulis puisi. Hasil analisis kebutuhan modul ajar menulis puisi berbasis project based learning menunjukkan bahwa modul ajar yang digunakan oleh guru masih terdapat ketidaksinambungan antara model pembelajaran dengan rencana pelaksanaan pembelajaran. Hasil pengembangan modul ajar menulis puisi berbasis project based learning di desain dan dikembangkan dengan mengacu pada Capaian Pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran yang terdapat pada fase D. Modul ajar terdiri dari tiga komponen yakni informasi umum, komponen inti dan lampiran. Modul ajar yang dikembangkan terdapat tiga pertemuan dengan enam kegiatan pembelajaran sesuai dengan sintaks yang terdapat pada model PJBL yakni (1) menentukan pertanyaan mendasar, (2) mendesain proyek, (3) menyusun penjadwalan proyek, (4) memonitor kegiatan proyek, (5) menyusun laporan dan mempresentasikan hasil proyek, (6) evaluasi proses dan hasil proyek. Modul ajar menulis puisi berbasis project based learning yang dikembangkan ―sangat layak‖ untuk digunakan sebagai bahan pembelajaran berdasarkan hasil validasi dua orang dosen ahli maateri dan media. Hasil validasi menunjukkan angka 92,98% penilaian ahli materi dan 82% untuk penilaian ahli media. Hasil Respons guru dari implementasi diperoleh persentase sebesar 96,24% dengan kriteria modul ajar ini ―sangat layak‖ untuk digunakan. Hasil Respons siswa pada uji coba di kelas besar diperoleh hasil 89,5% dengan kriteria bahwa modul ajar ini ―sangat layak‖ untuk digunakan. Efektivitas uji coba modul ajar terhadap siswa menunjukkan nilai rata�rata sebesar 82,69 dan dapat dikategorikan bahwa modul ajar ―efektif‖ digunakan dalam pembelajaran menulis puisi. Kata Kunci: Modul Ajar, Menulis Puisi, Project Based Learning.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Magister Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | septi |
Date Deposited: | 22 Oct 2024 03:10 |
Last Modified: | 22 Oct 2024 03:10 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/22842 |
Actions (login required)
View Item |