ANALISIS PENAWARAN DAN TRANSMISI HARGA EKSPOR KOPI INDONESIA

Sinaga , Teresia and Ketut, Sukiyono and Mustopa , Romdhon (2007) ANALISIS PENAWARAN DAN TRANSMISI HARGA EKSPOR KOPI INDONESIA. Undergraduated thesis, Fakultas Pertanian UNIB.

[img] Text
I,II,III-TER-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (530kB)
[img] Text
IV,V,VI-TER-FP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (581kB)

Abstract

Produk-produk perkebunan umumnya bersifat komersial dalam arti berorientasi pasar untuk mendapatkan laba, bukan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Untuk itu peran sektor perkebunan sangat penting dalam upaya peningkatan pendapatan petani, PDB (Penadapatan Domestik Bruto) dan penciptaan lapangan kerja. Subsektor perkebunan juga sangat penting dalam upaya perolehan devisa melalui ekspor. Produksi kopi nasional yang cukup melimpah, sementara konsumsi kopi dalam negeri tergolong masih rendah maka sebagian produksi kopi di Indonesia ditujukan untuk kebutuhan ekspor. Salah satu negara terbesar yang dominan tiap tahun menjadi tujuan ekspor kopi Indonesia adalah Amerika Serikat. Fluktuasi harga kopi di pasaran Internasional dan di pasar domestik akan mempengaruhi penawaran ekspor kopi. Kinerja ekspor suatu negara tidak lepas dari kondisi pemasaran. Hal ini dikarenakan perubahan harga di pasar internasional secara cepat atau lambat akan mempengaruhi harga di pasar domestik. Dalam memperbaiki kehidupan produsen di Indonesia agar dapat meningkatkan pendapatan mereka diperlukan hubungan/interaksi pasar yang baik yang terjadi secara timbal balik, sehingga mengarahkan produksinya memenuhi peluang pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran dan mengetahui perubahan harga di pasar dunia ditransmisikan secara sempurna ke pasar domestik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data time series yaitu data triwulan dari tahun 1990:1 sampai dengan 2004:4 untuk analisis penawaran dilakukan 60 observasi dan 180 untuk transmisi harga yaitu data bulanan berupa harga kopi di pasar dunia dan pasar domestik dari tahun 1990 sampai dengan 2004. Data ini diperoleh dari BPS dan instansi yang terkait. Analisis yang digunakan untuk analisis penawaran adalah linear berganda yang dikembangkan Sahinbeyoglu and Ulasan (1999) dan untuk transmisi harga adalah model yang digunakan Baffes and Garden (2003). Dari hasil penelitian menunjukkan satu variabel yang berpengaruh nyata terhadap penawaran ekspor kopi Indonesia yaitu harga kopi internasional, sedangkan variabel nilai ekspor pada periode sebelumnya harga domestik kopi dan nilai tukar rupiah tidak berpengaruh nyata. Hasil pendugaan transmisi harga menunjukkan bahwa harga di pasar dunia tidak ditransmisikan secara penuh ke pasar domestik, tetapi tertransmisi dalam jangka panjang. Selanjutnya untuk menyesuaikan 5 persen perubahan harga di pasar dunia ke pasar domestik membutuhkan waktu 1,2 bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness
Depositing User: 013 Rizky Septika Utami
Date Deposited: 06 Dec 2013 14:39
Last Modified: 06 Dec 2013 14:39
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item View Item