Hardi, Rudi and Irdam , Idrus and Yarmani, Yarmani (2013) PENGARUH LATIHAN SKIPING SATU KAKI TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH TANPA AWALAN SISWA SD NEGERI 03 PADANG ULAK TANDING KAB. REJANG LEBONG. Undergraduated thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.
Text (Thesis)
I,II,III,1-13-rud.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (337kB) |
|
Text (Thesis)
IV,V,LAMP,1-13-rud.fi.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (2MB) |
Abstract
Upaya meningkatkan prestasi olahraga Lompat Jauh di SD Negeri 03 Padang Ulak Tanding kab. Rejang Lebong sudah sejak lama selalu di upayakan melalui latihan sore hari dalam kegiatan ekstrakulikuler. Namun sayangnya hasil yang didambakan berbuah suatu juara belum terwujud sampai saat ini. Melihat kenyataan ini perlu kajian yang lebih dalam mengenai hal ini, maka peneliti sengaja mengangkat tema pemasalahan ” Apakah dengan latihan Skiping Satu Kaki berpengaruh positif terhadap Kemampuan lompat jauh tanpa Awalan Siswa SD Negeri 03 Padang Ulak Tanding kab. Rejang Lebong ?”Subyek Penelitian ini adalah Siswa laki-laki SD Negeri 03 Padang Ulak Tanding kab.Rejang Lebong sejumlah 40 siswa dengan berbagai latar belakang yang berbeda-beda. Sejumlah siswa 40 itu pada tahap awal di ukur Kemampuan Lompat Jauh Tanpa Awalan, yang di ukur adalah berapa jauh lompatan tanpa awalan (Pre Test). Siswa melakukan satu persatu 3 kali lompatan dan dicatat prestasi lompatan yang terjauh. Menentukan kelompok perlakuan dan kelompok kontrol dengan dilakukan secara acak melihat peringkat prestasi dari hasil pre test dari lompat jauh tanpa awalan masing-masing anak. Maka didapat satu kelompok dengan jumlah yang sama yang kemampuan pre testnya hampir mendekati sama. Berdasarkan kemampuan maksimal Skiping Satu Kaki disusunlah suatu program latihan khusus digunakan untuk kelompok perlakuan dengan intensitas diawali 60% sampai dengan 80%, istirahat 2 menit setiap pergantian set selama 6 minggu. Latihan dilakukan 3 kali dalam satu minggu, intensitas dan repetisi dinaikkan pada setiap 2 minggu. Latihan ini berkesinambungan tanpa henti sampai 6 minggu. Pengaturan hari latihan di atur sedemikian rupa dengan memperhitungkan pola latihan dan istirahat disetiap minggu nya . pada minggu ke 7 diadakan post test seluruh sampel yang ada, yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol di kumpulkan untuk melakukan lompat jauh tanpa awalan. Data yang masuk antara pre test dan pos test di kumpulkan kemudian di analisa secara statistik menggunakan uji T pada taraf kepercayaan 95%, ternyata anak yang masuk dalam program latihan kelompok perlakuan memperoleh hasil pos test yang positif dibandingkan anak yang masuk kelompok kontrol. Simpulan yang dapat di ambil dari melaksanakan penelitian ini latihan Skiping Satu Kaki dapat dipergunakan sebagai bentuk latihan alternatif untuk melatih kemampuan Lompat Jauh tanpa awalan.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | ?? def_phi ?? |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 24 Dec 2013 12:28 |
Last Modified: | 24 Dec 2013 12:28 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/5738 |
Actions (login required)
View Item |