PEMBINAAN GURU OLEH PENGAWAS SEKOLAH DASAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK (Studi Deskriptif Kualitatif Di Sekolah Dasar Negeri 02 Kabupaten Kepahiang)

Mayasari, Nova and Zakaria, Zakaria and Sahono, Bambang (2014) PEMBINAAN GURU OLEH PENGAWAS SEKOLAH DASAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK (Studi Deskriptif Kualitatif Di Sekolah Dasar Negeri 02 Kabupaten Kepahiang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[img]
Preview
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,2-13-may.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB) | Preview
[img]
Preview
Archive (Thesis)
I,II,III,2-13-may.FI.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (21MB) | Preview

Abstract

Masalah umum dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah pembinaan guru oleh pengawas melalui supervisi akademik di Sekolah Dasar Negeri 02 kabupaten Kepahiang?”. Masalah tersebut kemudian dirumuskan secara khusus,yaitu: 1) Bagaimanakah perencanaan pembinaan guru melalui supervisi akademik oleh pengawas? 2) Bagaimanakah pelaksanaan pembinaan guru melalui supervisi akademik oleh pengawas? 3) Bagaimanakah frekuensi dan konsistensi pengawas dalam membina guru? 4) Bagaimana pengawas melakukan evaluasi supervisi akademik? 5) Bagaimana tindak lanjut supervisi akademik oleh pengawas?Sejalan dengan rumusan masalah, maka tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah cara pembinaan guru oleh pengawas sekolah dasar melalui supervisi akademik di Sekolah Dasar Negeri 2 Kabupaten Kepahiang. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan beberapa hal berikut: 1) Cara pengawas dalam merencanakan pembinaan guru melalui supervisi akademik.2) Pelaksanaan pembinaan guru melalui supervisi akademik oleh pengawas. 3) Frekuensi dan Konsistensi pengawas dalam membina guru. 4) Evaluasi supervisi akademik oleh pengawas. 5) Tindak lanjut yang dilakukan pengawas terhadap hasil supervisi akademik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif agar dapat menjelaskan secara rinci cara pembinaan yang dilakukan pengawas terhadap guru melalui supervise akademik. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data yang ada diverifikasi kemudian data dianalisis, direduksi dan disajikan dalam bentuk paragraf yang terurai. Dan yang terakhir ditarik kesimpulannya.Hasil penelitian ini adalah: pertama, perencanaan pembinaan guru oleh pengawas dimulai dengan pembuatan program kepengawasan yang meliputi program tahunan dan program semester yang dibuat pada awal tahun ajaran baru. Selain itu ada beberapa instrumen yang digunakan pengawas untuk mengevaluasi kinerja guru, seperti instrumen dokumen pembelajaran, instrumen rencana pelaksanaan pembelajaran serta instrumen pelaksanaan pembelajaran di kelas.Kedua, implementasi pelaksanaan pembinaan guru dilakukan dengan memeriksa kelengkapan perangkat pembelajaran yang telah dipersiapkan dan akan digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran, kemudian perbaikan perangkat pembelajaran jika ada, selanjutnya diadakan kunjungan atau observasi kelas dan yang terakhir diskusi kecil untuk membahas segala sesuatu yang telah terjadi, baik itu positif maupun negatif. Ketiga, intensitas kunjungan kepengawasan dilakukan satu bulan sekali dengan mempertimbangkan letak sekolah yang berbeda kecamatan dan kondisi fisik bapak Syahril, S.Pd sendiri.Keempat, evaluasi supervisi akademik dimulai dengan memeriksa perangkat pembelajaran yang dimiliki guru menggunakan instrumen yang telah dibuat sebelumnya, tepatnya pada awal tahun ajaran baru.Kelima, sebagai tindak lanjut dari hasil supervisi akademik, maka akan ada diskusi kecil antara pengawas dan guru yang dibina. Diskusi dilakukan untuk membahas hal positif dan negatif yang ditemui pengawas. Selain itu juga membahas apa yang menjadi kendala guru dalam mengajar.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan secara umum bahwa pembinaan guru oleh pengawas Sekolah Dasar Negeri 2 Kabupaten Kepahiang dilakukan secara sistematis dan terurut melalui beberapa langkah. Langkah pertama persiapan, kemudian pelaksanaan supervisi akademik, evaluasi tindakan supervisi dan tindak lanjut terhadap hasil supervisi.Peneliti memberikan saran sebagai berikut, pertama, program kepengawasan yang dibuat pengawas hendaknya disesuaikan dengan petunjuk yang ada dalam penyusunan program kepengawasan yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan. Kedua, pelaksanaan supervisi dalam hal pembelajaran di kelas, hendaknya guru mempersiapkan seluruh proses pembelajaran dengan matang, agar kapanpun dan siapapun akan melaksanakan supervisi, guru selalu siap sedia. Ketiga, pengawas hendaknya dapat meningkatkan kualitas kunjungan yang intensitasnya terbatas hanya satu kali dalam satu bulan kalender. Keempat, hasil evaluasi hendaknya tetap berpedoman pada instrumen yang telah ditetapkan sebelumnya dan kelima, diskusi sebagai tindak lanjut dari hasil dupervisi sebaiknya dilaksanakan lebih lama sehingga lebih banyak lagi kendala dalam mengajar atau masalah yang dapat dibahas dan diselesaikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Magister Administrasi / Manajemen Pendidikan
Depositing User: 022 Gofar Ismail
Date Deposited: 10 Sep 2014 12:46
Last Modified: 10 Sep 2014 12:46
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8434

Actions (login required)

View Item View Item