Muharti, Muharti and Delrefi, Delrefi and Dharmayana, I Wayan (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF (BERHITUNG ) ANAK MELALUI PROGRAM PAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIIKAN UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF (BERHITUNG ) ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK PADA PAUD CEMPAKA PUTIH. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,I-14-muh-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (24MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
I,II,III,I-14-muh-FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (24MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan penelitian ini apakah dengan permainan congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak ,tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak melalui bermain congklak. Subjek dalam penelitian ini ada 20 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan pada kelompok B paud cempaka putih desa lubuk tapi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan dengan langka-langka perencanaan, pelaksanaan, observasi dan reflesi. Pengumpulan data dilakukan dengan obsevasi dan analisis data dengan menggunakan teknik presentase dengan indikator keberhasilan adalah 75 % .Hasil penelitian menunjukkan pada siklus 1 ,kemampuan berhitung anak bermain congklak 61% dengan katagori cukup, pada siklus 2 mengalami peningkatan menjadi 86% dengan katagori sangat baik . Kesimpulan bahwa bemain tradisonal bermain congklak dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak. Saran kepada guru dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak dapat dilakukan bermain congklak
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education |
Depositing User: | 021 Nanik Rachmawati |
Date Deposited: | 16 Sep 2014 13:43 |
Last Modified: | 16 Sep 2014 13:43 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8525 |
Actions (login required)
View Item |