Arifin, Risnanda and Muchlis, Effie Efrida and Rahimah, Dewi (2014) PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBANTU ALAT PERAGA MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.
|
Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,II-14-ris.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) | Preview |
|
|
Archive (Thesis)
I,II,III,II-14-ris.FK.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons GNU GPL (Software). Download (8MB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika lebih sering menggunakan metode ekspositori bersifat teacher oriented yang kurang memberi peluang siswa untuk mengkonstruksi ide-ide matematika mereka sendiri sehingga siswa menjadi pembelajar pasif. Siswa masih bingung menggunakan konsep-konsep matematika karena siswa hanya menghafal konsep bukan memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara menerapkan Metode Penemuan Terbimbing Berbantu Alat Peraga Matematika sehingga terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri 20 Kota Bengkulu. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan Metode Penemuan Terbimbing Berbantu Alat Peraga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Aktivitas siswa ditingkatkan dengan penggunaan alat peraga, pembagian kelompok yang tepat, memberi nilai tambah pada kelompok yang bersedia maju saat kegiatan persentasi. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu : 63,84; 71,81; 84,29 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I hingga siklus III yaitu: 40%; 66,67%; 90% dan daya serap siswa dari siklus I hingga siklus III yaitu: 52,60%; 63,80%; 80,53%. Mathematics’s learning often use an expository method in which it is teacher oriented and just give a little opportunity to students for constructing their ideas itself so student become passive lerners.Students still confused to use mathematic’s concepts because student just memorize but doesn’t understand them. The aim of this research for knowing the application’s way of Guided Discovery Method with Assist Mathematic Props in order to activity and the study’s result improved. The type of this research is classroom action researh by using student’s self assesment and test of study’s result as data’s collecting technique. The subject of this research is students grade VB SDN 2 Kota Bengkulu. The of this research shows that the application of Guided Discovery Method with Assist Mathematic Props can improve activity and student’s test result in Mathematics. Student’s activities is improved by giving context problems, creating right groups ang give plus point for active group. The increasing student result can be seen of the average value, classical completeness and absorbsing power.
Item Type: | Thesis (Undergraduated) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 033 Darti Daryanti |
Date Deposited: | 02 Oct 2014 15:21 |
Last Modified: | 02 Oct 2014 15:21 |
URI: | http://repository.unib.ac.id/id/eprint/8728 |
Actions (login required)
View Item |