MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN BERJALAN DI ATAS TANGGA PELANGI PADA KELOMPOK B PAUD MULIA PASAR MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Susanti , Nopi and I Wayan , Dharmayana and Imranuddin, Imranuddin (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI KEGIATAN BERJALAN DI ATAS TANGGA PELANGI PADA KELOMPOK B PAUD MULIA PASAR MANNA KABUPATEN BENGKULU SELATAN. Undergraduated thesis, Universitas Bengkulu.

[img] Archive (Thesis)
IV,V,LAMP,III-14-nop.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)
[img] Archive (Thesis)
I,II,III,III-14-nop.FK.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui apakah kegiatan berjalan di atas tangga pelangi dapat meningkatkan keterampilan motorik kasar anak di kelompok B PAUD Mulia Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan dan untuk mengetahui cara meningkatkan keterampilan motorik kasar anak melalui kegiatan berjalan di atas tangga pelangi di kelompok B PAUD Mulia Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan. Sesuai dengan permasalahan dan tujuan penelitian, metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilakukan dalam 4 (empat) langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, melakukan observasi dan evaluasi dan melakukan refleksi dan dilakukan berulang-ulang dan terdiri dari beberapa siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah anak didik Kelompok B1 PAUD Mulia Kabupaten Bengkulu Selatan yang berjumlah 15 orang yang terdiri atas 8 orang anak laki-laki dan 7 orang anak perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi guru dan anak dengan teknik analisis data menggunakan analisis statistik sederhana yaitu persentase. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas diperoleh pencapaian tertinggi indikator penilaian pada siklus I yaitu 66,67% sedangkan pada siklus II pencapaian tertinggi indikator penilaian yaitu 86,67% yang berarti terdapat peningkatan dari siklus pertama dan kedua sehingga meninjukkan bahwa keterampilan motoric kasar anak dapat meningkat melalui kegiatan berjalan di atas tangga pelangi.

Item Type: Thesis (Undergraduated)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 033 Darti Daryanti
Date Deposited: 20 Jan 2015 10:55
Last Modified: 20 Jan 2015 10:55
URI: http://repository.unib.ac.id/id/eprint/10328

Actions (login required)

View Item View Item