Artina, Yuni and Irwan, Koto and Agus, Susanta (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN LKS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS V MIN 2 KOTA BENGKULU. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS LENGKAP YUNI ARTINA.pdf [thumbnail of TESIS LENGKAP YUNI ARTINA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS LENGKAP YUNI ARTINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri
terbimbing dengan LKS terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman
konsep perpindahan kalor siswa kelas V MIN 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan ialah quasy experiment.
Desain pada penelitian ini yaitu The Matching Only Pretest-Posttest Control
Group Design, yang dilaksanakan di kelas V MIN 2 Kota Bengkulu. Sampel
yang terpilih secara random adalah siswa kelas VA berjumlah 35 orang sebagai
kelas eksperimen, dan siswa kelas VB berjumlah 35 orang sebagai kelas kontrol.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes pretest dan posttest. Instrumen
yang diberikan terdiri atas dimensi keterampilan proses sains berjumlah 8 soal dan
dimensi pemahaman konsep berjumlah 17 soal. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan proses sains antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol yakni sebesar 8,05% dan pemahaman konsep
perpindahan kalor sebesar 11,96%. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
signifikan secara statistik penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing
dengan LKS terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep
perpindahan kalor siswa kelas V MIN 2 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, LKS, Keterampilan
Proses Sains, Pemahaman Konsep IPA
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 03 May 2023 04:07 |
Last Modified: | 03 May 2023 04:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11930 |