EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI E-RAPOR DALAM PENILAIAN PESERTA DIDIK DI SMA BENGKULU SELATAN

Putra, Yoedy and Sudarwan, Danim and Syaiful, Anwar (2020) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI E-RAPOR DALAM PENILAIAN PESERTA DIDIK DI SMA BENGKULU SELATAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis Yoedy Putra Cetak.pdf] Text
Tesis Yoedy Putra Cetak.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan aplikasi e- rapor dalam penilaian peserta didik di SMA Bengkulu Selatan. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif evaluatif dan pendekatan kuantitatif. Subjek
penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah kurikulum, admin e
rapor dan guru. Hasil penelitian dilakukan analisis diperoleh hasil: 1) aspek
kualitas sistem (system quality) aplikasi e-rapor rata-rata persentase yaitu 92,63%
dengan katagori sangat baik, terdiri atas: (a) aspek efektivitas penggunaan aplikasi
e-rapor oleh admin, rata-rata persentase kesesuaian yaitu 93,65% dengan
katagori sangat baik; (b) aspek efektivitas penggunaan aplikasi e-rapor oleh guru
mata pelajaran/BK rata-rata persentase kesesuaian yaitu 93,53% dengan katagori
sangat baik; (c) aspek efektivitas penggunaan aplikasi e-rapor oleh wali kelas
rata-rata persentase kesesuaian yaitu 90,71% dengan katagori sangat baik; 2)
aspek kualitas informasi (information quality) aplikasi e-rapor rata-rata persentase
yaitu 92,24% dengan katagori sangat baik; 3) aspek pengguna (user) aplikasi e- rapor rata-rata persentase yaitu 92,24% dengan katagori sangat baik; 4) aspek
pengguna (user satisfaction) aplikasi e-rapor rata-rata persentase yaitu 93,55%
dengan katagori sangat baik; 5) aspek dampak individual (individual impact)
aplikasi e-rapor rata-rata persentase yaitu 96,26% dengan katagori sangat baik; 6)
aspek organisasi (organization impact) aplikasi e-rapor rata-rata persentase yaitu
96,89% dengan katagori sangat baik. Secara keseluruhan boleh dikatakan
efektivitas penggunaan aplikasi e-rapor dalam penilaian peserta didik di SMA
Bengkulu Selatan rata-rata persentase yaitu 94,32% dengan katagori sangat baik
dan sudah memenuhi sesuai dengan tujuan dan dampak yang diharapkan.
Kata kunci : efektivitas e-rapor, penilaian peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Administration
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 05 May 2023 03:00
Last Modified: 05 May 2023 03:00
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11941

Actions (login required)

View Item
View Item