PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SDN GUGUS IX KOTA BENGKULU

Wahyu, Agung and Abdul, Muktadir and Resnani, Resnani (2020) PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II SDN GUGUS IX KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of skripsi agung wahyu NPM A1G016002.pdf] Text
skripsi agung wahyu NPM A1G016002.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)
[thumbnail of skripsi agung wahyu NPM A1G016002.pdf] Text
skripsi agung wahyu NPM A1G016002.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe Think
Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas II
SDN gugus IX Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasy experiment dengan desain
penelitian the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh kelas II Sekolah Dasar Gugus IX Kota Bengkulu
yang sudah menggunakan kurikulum 2013 dan berakreditasi A. Teknik
pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Sampel pada
penelitian ini adalah siswa kelas II A Sekolah Dasar Negeri 82 sebanyak 28 siswa
sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas II B Sekolah Dasar Negeri 61 sebanyak
24 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa
tes hasil belajar untuk aspek pengetahuan berbentuk soal pilihan ganda, yang
diberiakan melalui pretest dan posttest. Untuk hasil belajar aspek sikap dan
keterampilan instrument yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis
data dalalm penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis
stastistik deskriptif dan statistik inferensial. Dari hasil penelitian diketahui hasil
uji-t mata pelajaran Bahasa Indonesia t-hitung sebesar 2,05 dan SBdP t-hitung
sebesar 3,01 dengan t-tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,68 jadi, t-hitung
lebih besar dari t-tabel. Untuk hasil belajar aspek sikap presentase keseluruhan
yaitu kelas eksperimen 72,23% sedangkan presentase untuk kelas kontrol 63,88%.
Untuk hasil belajar aspek keterampilan 67,85%. Sedangkan presentase untuk kelas
kontrol 46,87%. Dengan demikian dapat disimpullkan bahwa terdapat pengaruh
model kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada
pembelajaran tematik kelas II SDN Gugus IX Kota Bengkulu.
Kata kunci : Pembelajaran Tematik, Model Kooperatif Tipe Think Pair
Share (TPS), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 17 May 2023 07:49
Last Modified: 17 May 2023 07:50
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11974

Actions (login required)

View Item
View Item