Bhakti, Karyadi and Yennita, Yennita (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK, TALK, WRITE (TTW) METODE GALLERY WALK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS X Penelitian Deskriptif Kualitatif. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI CHIKA PUTRI F.H.-dikonversi.pdf [thumbnail of SKRIPSI CHIKA PUTRI F.H.-dikonversi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI CHIKA PUTRI F.H.-dikonversi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Kurikulum 2013 merupakan salah satu bentuk perubahan yang dilakukan oleh
pemerintahan untuk mengikuti perkembangan dan mempersiapkan tuntutan
pendidikan di abad 21. Perubahan paradigma pembelajaran mengarah ke student
centered dan peserta didik perlu dibekali keterampilan berpikir kritis.
Keterampilan berpikir kritis kurang diterapkan dalam proses pembelajaran.
Terlihat dari penyusunan perangkat pembelajaran yang masih banyak digunakan
secara utuh dari sumber buku pembelajaran dan internet yang belum relevan
dengan lingkungan kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitian ini dilakukan
untuk mendeskripsikan rancangan komponen-komponen perangkat pembelajaran
untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Komponen-komponennya
berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Diskusi
Peserta Didik (LDPD), dan soal evaluasi. Jenis penelitian ini termasuk kedalam
penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
rancangan silabus, rancangan RPP (telaah kompetensi dasar, telaah materi
pembelajaran, telaah indikator dan tujuan pembelajaran, telaah model dan metode
pembelajaran, dan telaah media pembelajaran), rancangan LDPD, dan rancangan
soal evaluasi menggunakan model kooperatif tipe TTW metode gallery walk pada
materi pencemaran lingkungan. Hasil penelitian ini telah dianalisis hasil
rancangan perangkat pembelajaran yang diarahkan kedalam aspek-aspek yang
ingin dicapai dalam Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 yang terdiri atas silabus,
RPP, LDPD, dan soal evaluasi pada materi pencemaran lingkungan untuk
meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas X .
Kata kunci: Kurikulum 2013, Keterampilan berpikir kritis, Metode Gallery
Walk, Model Kooperatif tipe Think, Talk, Write (TTW), Rancangan
Perangkat Pembelajaran
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 May 2023 03:00 |
Last Modified: | 25 May 2023 03:00 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/11987 |