META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD

Nainggolan, Deni Reftina Florencia and Nani, Yuliantini and Daimun, Hambali (2020) META ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI DENI REFTINA FLORENCIA NAINGGOLAN.pdf] Text
SKRIPSI DENI REFTINA FLORENCIA NAINGGOLAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar efektivitas pengaruh model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa SD.
Metode yang digunakan adalah meta-analisis, yaitu meriview kembali dengan
menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional tentang
pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar
siswa SD. Populasi dalam penelitian ini adalah hasil penelitian tentang pengaruh
model pembelajaran Problem Based Laerning (PBL) pada sembilan jurnal yang telah
diterbitkan secara nasional di Indonesia. Sampel penelitian ini lima jurnal nasional
yang diterbitkan pada rentang tahun 2010-2020 pada jenjang SD, yaitu penelitian
eksperimen tentang pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
terhadap hasil belajar siswa SD. Instrumen penelitian berupa lembar coding data
yang merangkum data dan informasi jurnal. Teknik pengumpulan data menggunakan
data dokumentasi yaitu berupa mencari artikel yang relevan yang berkaitan dengan
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Teknik analisis data
menggunakan efektivitas model pembelajaran (N-Gain), mean, dan uji hipotetis.
Berdasarkan analisis besar efektivitas pengaruh secara keseluruhan didapatkan nilai
rata-rata sebesar 50,28 dengan kategori efek sedang. Hasil analisis dengan
menghitung nilai Uji-t juga menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) berpengaruh terahadap hasil belajar. Dilihat dari nilai thitung (5,96) >
ttabel (2,35), nilai thitung yang diperoleh lebih tinggi nilai ttabel maka dinyatakan model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa jenjang pendidikan SD.
Kata Kunci: Meta Analysisi, Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 26 May 2023 09:37
Last Modified: 26 May 2023 09:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12042

Actions (login required)

View Item
View Item