Olipia, Elita and Yennita, Yennita and Irwandi, Ansyori (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIID SMPN 02 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD.pdf [thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta
didik kelas VIId SMPN 2 Kota Bengkulu melalui model pembelajaran kooperatif
tipe STAD. Jenis penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas
dengan metode deskriptif kuantittif. Subyek penelitian adalah peneliti yang
berperan sebagai guru dan peserta didik kelas VIId SMPN 2 Kota Bengkulu pada
tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 36 orang. Hasil observasi aktivitas guru
silkus I diperoleh rata-rata yaitu 40 menjadi 44,5 pada siklus II. Pada aktivitas
peserta didik juga meningkat pada siklus I ke siklus II yaitu dari 41 menjadi 45.
Hasil belajar peserta didik dilihat dari ketuntasan klasikal meningkat pada siklus I
ke siklus II yaitu dari 72,22% menjadi 83,33%. Hasil motivasi belajar peserta
didik meningkat dari siklus I ke siklus II, rata-rata yang diperoleh pada siklus I
yaitu 46,91 menjadi 77,66 pada siklus II . Terakhir korelasi antara hasil belajar
peserta didik dengan motivasi belajar pada siklus I rhitung yang diperoleh yaitu
0,331 dengan signifikansi 0,049 sedangkan pada siklus II diperoleh hasil rhitung
sebesar 0,585 dengan nilai signifikansi 0,000 dengan tingkat korelasi sedang.
Sehingga dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara hasil belajar dan motivasi
belajar peserta didik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar guru
dan peserta didik, hasil belajar peserta didik, motivasi belajar peserta didik serta
adanya korelasi antara hasil belajar dengan motivasi belajar dengan korelasi
sedang.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, aktivitas guru dan
peserta didik, hasil belajar, motivasi belajar, dan korelasi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 30 May 2023 08:01 |
Last Modified: | 30 May 2023 08:01 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12088 |