PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI PENCEMARAN TANAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 2 MUKOMUKO

Dila, Elvi Fuspita and Endang, Widi Winarni and Ariefa, Primair Yani (2020) PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATERI PENCEMARAN TANAH TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 2 MUKOMUKO. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of ELVI FUSPITA DILA (A1D016029).pdf] Text
ELVI FUSPITA DILA (A1D016029).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Contextual Teaching
Learning (CTL) pada materi pencemaran tanah terhadap kemampuan literasi sains
peserta didik kelas X SMAN 2 Mukomuko. Metode penelitian yang digunakan adalah
kuasi experimen dengan desain penelitian The Matching Only Pretest-Postest Control
Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMAN 2 Mukomuko.
Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 28 peserta didik kelas sebagai kelas
eksperimen dan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar angket literasi sains aspek sikap dan lembar tes literasi
sains aspek pengetahuan, konteks dan kompetensi. Teknik analisis data dalam penelitian
ini adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik
inferensial. Hasil penelitian CTL menunjukkan aspek sikap sebesar 3,92, aspek
pengetahuan sebesar 3,97, aspek konteks sebesar 5,04 dan aspek kompetensi sebesar
4,03 dengan hasil pada taraf signifikan α=5% sebesar 1,67. Setiap aspek literasi
sains menunjukkan hasil , maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh penggunaan model CTL pada materi pencemaran tanah terhadap kemampuan
literasi sains peserta didik kelas X SMAN 2 Mukomuko
Kata Kunci : Model Contextual Teaching Learning (CTL), Literasi Sains,
Pencemaran Tanah

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 05 Jun 2023 02:10
Last Modified: 05 Jun 2023 02:10
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12094

Actions (login required)

View Item
View Item