Ginting, Emsaritia A Br and Hanifah, Hanifah and Nurul, Astuty Yensy (2020) PENGEMBANGAN LKPD MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS GAME PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII SMPN 13 KOTA BENGKULU Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_A1C016039_EMSARITIA A BR GINTING.pdf [thumbnail of SKRIPSI_A1C016039_EMSARITIA A BR GINTING.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_A1C016039_EMSARITIA A BR GINTING.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (11MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik model
Problem Based Learning berbasis Game materi perbandingan yang memenuhi
kriteria valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan
dengan prosedur penelitian ADDIE. Tahapannya yaitu tahap analisis, tahap
desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Instrumen
penelitian terdiri dari lembar validitas, lembar kepraktisan dan lembar efektivitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan LKPD dengan model
Problem Based Learning berbasis Game pada materi perbandingan kelas VII
SMPN 13 Kota Bengkulu termasuk dalam kategori: (1) sangat valid memiliki skor
4.22 dengan cara (a) LKPD menunjukkan kebenaran dan kesesuaian dengan
kompetensi dasar pada validasi materi, (b) LKPD sesuai dengan format, desain
dan tahapan dari Problem Based Learning yang berbasis game pada validasi
konstruksi, (c) penggunaan huruf dan kalimat jelas, serta penggunaan kalimat
perintah sesuai dengan validasi bahasa, (2) sangat praktis memiliki skor 4,68
dengan cara tulisan pada LKPD jelas dan mudah dibaca, petunjuk dan langkah�langkah Problem Based Learning berbasis game mudah digunakan oleh peserta
didik dan (3) sangat efektif memiliki skor 90,3 dengan cara langkah-langkah pada
LKPD membantu peserta didik belajar memahami materi perbandingan yaitu
perbandingan dengan satuan sama dan berbeda, perbandingan senilai dan berbalik
nilai dengan tabel data, grafik dan persamaan dan perbandingan pada peta.
Langkah-langkah Problem Based Learning yang berbasis game membantu peserta
didik dalam menyelesaikan tes hasil belajar dengan persentase ketuntasan
93,75%.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Lembar Kerja Peserta Didik, Penelitian
Pengembangan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 05 Jun 2023 02:32 |
Last Modified: | 05 Jun 2023 02:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12099 |