Adhrianti, Lisa and Dionni, Ditya Perdana and Rasianna, Br. Saragih (2021) Evaluasi Komunikasi Bisnis Promosi Pariwisata Pulau Tikus dalam Mendukung Program Wonderful Bengkulu 2020. WARTA Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 5 (2). pp. 118-227. ISSN 0853-3370
16- 167-496-1-PB.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB) | Preview
Abstract
Abstrak
Tren berwisata menjadi salah satu kebutuhan saat ini. Menyadari potensi yang dimiliki Provinsi Bengkulu,
program Wonderful Bengkulu 2020 digaungkan oleh Pemerintah Daerah. Pulau Tikus merupakan bagian dari
kota Bengkulu yang berjarak kurang lebih 8 mil dari pantai, memiliki potensi wisata yang bagus dan telah
dikembangkan penyedia jasa perjalanan wisata, sehingga untuk melihat perkembangannya perlu ada evaluasi bagi
strategi promosi pariwisata yang dilakukan oleh bisnis jasa penyedia paket wisata Pulau Tikus. Penelitian ini
mengevaluasi strategi komunikasi bisnis untuk kepentingan promosi pariwisata Pulau Tikus dengan teknik
wawancara mendalan kepada dua agent tour Pulau Tikus yaitu Tiga Putra dan Samudera Wisata dengan menelaah
tentang aspek konsitensi, kesesuaian, keunggulan dan kelayakan bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
bisnis yang dijalankan oleh penyedia paket wisata Pulau Tikus dianggap telah konsisten, layak dan sesuai, namum
masih memerlukan upaya untuk dapat menjadi unggul sebagai aset daerah untuk menunjang reputasi dan citra
Propinsi Bengkulu bagi lingkup masyarakat local, nasional, maupun global.
Kata kunci: Komunikasi Bisnis; Promosi Wisata; Pulau Tikus Bengkulu
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Departemen of Comunication |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 02:52 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 02:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12129 |