THE QUALITY OF ENGLISH TEXTBOOK “WHEN ENGLISH RINGS A BELL” FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS: AN EVALUATION ON CONTENT, LANGUAGE, AND PRESENTATION ASPECTS

Lica, Firhest Gust and Syahrial, Syahrial and Safnil, Safnil (2020) THE QUALITY OF ENGLISH TEXTBOOK “WHEN ENGLISH RINGS A BELL” FOR JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS: AN EVALUATION ON CONTENT, LANGUAGE, AND PRESENTATION ASPECTS. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis Firhest Gust Lica.pdf] Text
Thesis Firhest Gust Lica.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah buku teks Bahasa
Inggris “When English Rings A Bell” yang digunakan oleh siswa kelas VII
SMP memenuhi kriteria buku teks yang baik berdasarkan BSNP, untuk
mengetahui persepsi guru dalam menilai kualitas buku teks, dan untuk
mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil evaluasi penilaian buku teks
antara penulis dan persepsi guru dalam menilai kualitas buku teks.
Penelitian ini termasuk penelitian analisis isi. Dalam penelitian ini terdapat
tiga aspek yang digunakan dalam menganalisis buku teks ini yaitu aspek
kelayakan isi, kelayakan bahasa, dan kelayakan penyajian. Data
dikumpulkan menggunakan instrument penilaian evaluasi buku
berdasarkan BSNP dan menggunakan kuesioner untuk guru. Dalam
menganalisis data hasil evaluasi buku menggunakan Kohen Kappa dan
hasil kuesioner menggunakan skala Likert dalam lima skala. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa aspek kelayakan isi dan bahasa termasuk
katergori “baik” dan kategori “cukup” untuk kelayakan penyajian.
Berdasarkan data, buku ini termasuk kategori “baik” dari rata-rata
penghitungan keseluruhan nilai yaitu 83. Ini berarti bahwa buku teks
Bahasa Inggris “When English Rings A Bell” yang digunakan oleh siswa
kelas VII SMP memenuhi kriteria buku teks yang baik berdasarkan BSNP.
Evaluasi buku berdasarkan kuesioner guru menunjukkan bahwa buku ini
sesuai untuk siswa SMP. Perbedaan hasil antara peneliti dan guru terletak
pada keakuratan materi, teknik penyajian, teknik belajar dan mengajar,
dan cakupan penyajian.
Kata kunci: evaluasi, buku teks, BSNP, analisis isi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 09 Jun 2023 03:31
Last Modified: 09 Jun 2023 03:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12197

Actions (login required)

View Item
View Item