Ruki, Gaga and Didi, Yulistio and Suryadi, Suryadi (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 14 MUKOMUKO. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![TESIS GAGA RUKI OK.pdf [thumbnail of TESIS GAGA RUKI OK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS GAGA RUKI OK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis teks anekdot
dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas X IPA SMAN
14 Mukomuko. Data dalam penelitian ini berupa teks anekdot dan lembar observasi aktivitas
siswa dalam pembelajaran. Data dikumpulkan dengan cara 1) penugasan membuat teks
anekdot, dan 2) mengisi lembar aktivitas siswa. Selanjutnya, data dianalisis dengan lengkah�langkah 1) mencari rata-rata peroleh nilai kemampuan menulis teks anekdot, 2) menentukan
klasifikasi dari nilai menulis teks anekdot. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan
menulis teks anekdot mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 72,59 klasifikasi “baik”.
Kondisi tersebut meningkat menjadi 85,22 pada siklus II yang termasuk dalam klasifikasi
“baik sekali”. Peningkatan keaktifan siswa pada siklus I yang termasuk dalam klasifikasi
“cukup” meningkat pada siklus II menjadi klasifikasi “baik”. Simpulan, terdapat peningkatan
kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunkan model pembelajaran berbasis masalah
pada siswa kelas X IPA SMAN 14 Mukomuko.
Kata kunci: Menulis, Teks Anekdot, dan Model Pembelajaran Berbasis Masalah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Indonesian Language Education Program |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 02:52 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 02:52 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12215 |