TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING READING COMPREHENSION (A STUDY AT SECOND GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL 09 OF BENGKULU CITY)

Dwiningtiyas, Gendis Nadira and Dedi, Sofyan and Hilda, Puspita (2020) TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING READING COMPREHENSION (A STUDY AT SECOND GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL 09 OF BENGKULU CITY). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI GENDIS NADIRA DWININGTIYAS.pdf] Text
SKRIPSI GENDIS NADIRA DWININGTIYAS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh
guru Bahasa Inggris dalam mengajar reading comprehension di SMPN 09 Kota
Bengkulu dan bagaimana mengimplementasikan strategi tersebut. Penelitian ini
didesain sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di
SMPN 09 Kota Bengkulu. Participant dari penelitian ini adalah dua guru Bahasa
Inggris dari sekolah tersebut. Setiap guru memiliki delapan pertemuan yang
diobservasi oleh peneliti. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
strategies checklist. Instrumen digunakan untuk mengetahui strategi yang
digunakan dan bagaimana para guru bahasa Inggris menerapkan strategi dalam
mengajar reading comprehension. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru
satu menggunakan dua strategi. Strategi tersebut adalah brainstorming dan
reading aloud. Sementara guru dua menggunakan tiga strategi. Strategi tersebut
adalah encouraging the use of dictionaries,reading aloud, dan evaluating
comprehension in particular task. Kedua guru tersebut mengimplementasikan dan
mengkombinasikan strategi-strategi tersebut kedalam tiga tahap mengajar. Tahap�tahapannya adalah pre-reading stage, while reading stage, and post reading
stage. Strategi yang digunakan guru sangat efektif dalam mengajar reading
comprehension. Hal ini dibuktikan oleh motivasi siswa, perhatian siswa dan
kemudahan guru dalam proses belajar mengajar.
Kata Kunci: Pemahaman Membaca dan Strategi Guru

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of English Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:51
Last Modified: 15 Jun 2023 02:51
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12218

Actions (login required)

View Item
View Item