PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SE-GUGUS EOUPORBIA KOTA BENGKULU (Studi Deskriptif Guru Kelas B di TK se-gugus Eouporbia kota Bengkulu)

Sari, Inda Permata and Nasirun, Nasirun and Sri, Saparahayuningsih (2020) PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK SE-GUGUS EOUPORBIA KOTA BENGKULU (Studi Deskriptif Guru Kelas B di TK se-gugus Eouporbia kota Bengkulu). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah guru sudah berperan sebagai
(1)fasilitator, (2)motivator dan (3)evaluator dalam pengembangan
kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK Se-gugus Eouporbia Kota
Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Subjek
dalam penelitian ini berjumlah 12 guru yang berada di gugus Eouporbia Kota
Bengkulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket. Teknik pengumpulan analisis data
menggunakan rumus uji rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran
guru dalam pengembangan kemampuan berbicara anak usia 5-6 tahun di TK
se-gugus Eouporbia Kota Bengkulu berada pada kategori baik. Guru sudah
berperan dengan baik sebagai fasilitator, motivator dan evaluator dalam
pengembangan kemampuan berbicara. Peneliti juga menemukan penilaian
perkembangan anak masih cukup. Artinya peran guru sebagai evaluator
dalam penilaian perkembangan kemampuan berbicara anak masih belum
baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan kepada guru dan kepala
sekolah/pengawas untuk membina guru tentang penilaian perkembangan
anak.
Kata Kunci : Peran guru, Kemampuan berbicara

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Pre-elementary School Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:06
Last Modified: 22 Jun 2023 03:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12278

Actions (login required)

View Item
View Item