PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI DAN PRESTASI BELAJAR (PTK Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas II SD Gugus IV Bengkulu Selatan )

Novlita, Insyi and Johanes, Sapri and Wachidi, Wachidi (2020) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI DAN PRESTASI BELAJAR (PTK Pada Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas II SD Gugus IV Bengkulu Selatan ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS LENGKAP.pdf] Text
TESIS LENGKAP.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan
penerapan model Role Playing dalam meningkatkan empati
siswa kelas II Gugus IV Bengkulu Selatan. (2)
Mendeskripsikan penerapan model Role Playing dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa kelas II Gugus IV
Bengkulu Selatan. (3) Mendeskripsikan efektifitas penerapan
model role playing dalam meningkatkan prestasi belajar siswa
kelas II Gugus IV Bengkulu Selatan. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas (PTK) yang kemudian dilanjutkan
dengan eksprimen. Metode yang digunakan ialah metode
eksperimen semu (quasy experiment). Subjek Penelitian ini
adalah siswa kelas II SDN 64 Bengkulu Selatan yang
berjumlah 17 orang. Desain pada penulisan ini yaitu The
Matching Only Pretest-Posttes Control Group Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas II di Gugus IV
Bengkulu Selatan. Sampel dalam penulisan ialah siswa kelas II
SDN 64 Bengkulu Selatan berjumlah 17 orang sebagai kelas
eksprimen dan kelas II SDN 58 Bengkulu Selatan sebagai
kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa lembar
observasi dan lembar tes tertulis. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model role playing dapat
meningkatkan empati dan prestasi belajar pada mata
pelajaran pkn siswa kelas II sd gugus IV bengkulu selatan.
Kata Kunci : Model Role Playing, Empati, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 22 Jun 2023 03:54
Last Modified: 22 Jun 2023 03:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12285

Actions (login required)

View Item
View Item