Amini, Amini and Irawati, Sri and Kasrina, Kasrina (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATERI TUMBUHAN PESERTA DIDIK KELAS VIIB MTsN 02 KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![THESIS.pdf [thumbnail of THESIS.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (13MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas dan hasil
belajar peserta didik dengan model Inkuiri Terstruktur pada materi Tumbuhan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan,
pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru biologi dan
seluruh peserta didik kelas VIIB MTsN 02 Kepahiang tahun ajaran 2018/2019.
Data dianalisis secara deskriptif berdasarkan data hasil observasi dan tes. Materi
Organ dan Organisme Tumbuhan merupakan pokok bahasan yang termasuk
dalam kompetensi dasar 3.6 Kurikulum 2013 SMP Kelas VII. Hasil analisis data
observasi aktivitas guru siklus I menunjukkan skor rata-rata 55 (baik), kemudian
meningkat di siklus II menjadi 63 (baik). Hasil analisis data observasi aktivitas
peserta didik siklus I diperoleh skor rata-rata 48 (cukup), kemudian meningkat
pada siklus II menjadi 55 (baik). Hasil belajar ranah kognitif siklus I dengan
persentase 72,2% (belum tuntas) meningkat pada siklus II menjadi 83,3% (tuntas).
Hasil belajar psikomotor peserta didik siklus I dengan persentase 67% berkriteria
belum tuntas meningkat pada siklus II dengan persentase 83,3% menjadi
berkriteria tuntas. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model
pembelajaran Inkuiri terstruktur dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas dan
hasil belajar peserta didik kelas VIIB MTsN 02 Kepahiang.
Kata kunci: Aktivitas Guru dan Peserta Didik, Hasil Belajar, Inkuiri Terstruktur
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 02:38 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 02:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12453 |