PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIIC MTs N 02 KEPAHIANG

Handayani, Kristian and Yennita, Yennita and Idrus, Irdam (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIIIC MTs N 02 KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of THESIS.pdf] Text
THESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar peserta didik, serta hasil belajar kognitif dan psikomotor dengan
menerapkan model pembelajaran Discovery Learning di kelas VIIIC MTs N 02
Kepahiang pada materi sistem pernapasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklusnya terdiri
atas 4 tahapan yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan seluruh peserta didik kelas VIIIC
MTs N 02 Kepahiang. Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran
Discovery Learning, aktivitas mengajar guru dan belajar peserta didik serta hasil
belajar ranah kognitif dan psikomotor. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini yaitu observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar
observasi dan lembar tes. Hasil penelitian dari analisa data observasi aktivitas
guru pada siklus I diperoleh skor rata-rata 37 (baik), siklus II menjadi 40
(baik). Hasil analisis data observasi aktivitas peserta didik pada siklus I, diperoleh skor rata-rata 37 (baik), meningkat menjadi 40 (baik) pada siklus II. Hasil analisis data hasil belajar psikomotor pada siklus 1 diperoleh skor rata-rata
12,5 (cukup) dan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 15,08 (baik). Kemudian,
hasil belajar ranah kognitif pada siklus I mendapatkan persentase sebesar
57,89%, dan meningkat pada siklus II menjadi 73,68%. Dari hasil penelitian
disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan
hasil belajar peserta didik kelas VIIIC MTs N 02 Kepahiang.
Kata Kunci : Aktivitas Guru dan Peserta Didik, Discovery Learning, Hasil
Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:26
Last Modified: 06 Jul 2023 08:26
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/12465

Actions (login required)

View Item
View Item